pulsa-logo

BliBli.com Gelar Ajang Big Start Indonesia 2017, Jaring 20 Ribu Peserta


Fauzi

Senin, 02 Oktober 2017 • 21:17

Big Start Indonesia 2017


Blibli.com kembali menggelar ajang kompetisi The Big Start Indonesia 2017, yang diperuntukan bagi para creativepreneur muda Indonesia yang memiliki skala usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Pada ajang ini UMKM diberikan kesempatan untuk bisa menunjukkan produk kreatif terbaiknya serta mendapatkan wadah positif guna mempersiapkan diri menuju era digital khususnya e-commerce.

The Big Start Indonesia telah menjalankan proses yang panjang guna mencari creativeprenur muda Indonesia yang memiliki kualitas juga profesionalitas dalam bidang usahanya. Kegiatan roadshow ke kota-kota besar di Indonesia juga dilakukan selama masa pendaftaran peserta sepanjang bulan Agustus lalu. Roadshow yang telah mengunjungi Yogyakarta,Bali, Bandung dan Jakarta dipakai sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri kepada para creativepreneur disana. Berbagai workshop, success story dari local heroes, hingga local market-pun digelar guna memberikan pandangan-pandangan baru, menambah inspirasi serta mempertemukan para creativepreneur lokal dengan komunitas mereka.

Setelah melewati hampir 2 bulan masa pendaftaran, telah terjaring 20.000 creativepreneur yang siap berkompetisi. Proses penyeleksianpun segera dilakukan dan terpilihlah 20 finalis dari top 100 yang berhasil melewati babak kurasi dari para kurator antara lain Lisa Fitria selaku National General Secretary Indonesian Fashion Chamber, Stephen Lucas selaku co-founder Voyej dan tim kurasi Blibli.com. Para finalis akan melewati babak karantina di Jakarta mulai 5-19 Oktober 2017 dan kemudian akan dipilih 3 terbaik yang berhak memenangkan hadiah total sebesar 1 miliar rupiah.

“Kompetisi seperti ini kami nilai sangat penting sebagai upaya membuka kesempatan lebih luas dan menumbuhkan rasa optimisme pelaku industri kreatif lokal bahwa produk mereka juga bisa menjadi produk yang bersaing secara nasional dan pada akhirnya mereka dapat menjadi inspirasi bagi sekelilingnya,” terang I Gusti Ayu Fadjar selaku Senior Vice President of Marketing Blibli.com.

Sedangkan Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com menyatakan Blibli.com sebagai e-commerce asli Indonesia sangat peduli dengan kemajuan UMKM di Indonesia. UMKM adalah salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia, pertumbuhannya sangat pesat, transformasi sudah terjadi dimana mereka telah menjual produknya melalui channel online, targetpun dipatok oleh pemerintah bahwa akan ada total 8 juta UMKM yang Go Online di tahun 2020. Ini Bukan hal main-main, sehingga sangat penting agar UMKM di Indonesia tidak tergerus perkembangan teknologi dan dipersiapkan dengan benar sejak awal memasuki era digital.

Ditambahkan oleh Kusumo, sejak tahun lalu kami sudah melakukan program The Big Start Indonesia, melihat begitu besarnya antusias peserta disini dapat disimpulkan masih banyaknya UMKM di Indonesia yang masih haus akan pembekalan pengetahuan dan pelatihan tentang ilmu pemasaran digital hingga akses pasar yang lebih luas.


“Melalui program ini, kami sudah siapkan pelatihan-pelatihan, hingga ruang usaha bagi produk mereka di Blibli.com bagi mereka yang masuk di Top 100 dan bagi para finalis akan diberikan pelatihan-pelatihan kewirausahaan dan dijamin bahwa produk mereka akan terdaftar di HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Kami juga ingin kegiatan ini dapat mewadahi para UMKM ini juga bisa tumbuh dari kecil ke menengah, dari menengah menjadi besar,” tandasnya.

Daniel Mananta, creativepreneurs muda Indonesia sekaligus Founder & CEO DAMN! I Love Indonesia hadir kembali sebagai juri di The Big Start Indonesia tahun ini.

“Sama seperti usaha saya mendirikan DAMN! I Love Indonesia, semua dimulai dari inovasi dan orisinalitas, tapi biasanya para creativepreneurs hanya fokus pada ‘dagang’ saja dan kurang mengetahui efisiensi penjualan melalui platform e-commerce, bagaimana memaksimalkan fungsi media sosial, pengelolaan keuangan, hingga pengetahuan perhitungan pajak, hukum/peraturan dan lain-lain. Di The Big Start Indonesia, semua itu yang akan dibekali kepada para finalis. Selain itu, disini bukan hanya dinilai punya modal produk bagus, tapi juga uniqueness, innovation, creativity, originality, marketability serta jiwa creativeppreneur sejati juga akan teruji,” ujar Daniel.

Selain itu jajaran juri lainnya akan ada Renitasari Adrian selaku Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Stephanie Yoe selaku Venture Partner of Fenox VC & Corporate Strategy & Business Development of JAPFA Group dan munculnya juri baru di tahun ini Leonard Theosabrata selaku founder Indoestri, co-founder The Goods Dept, co-founder Brightspot Market.

Seperti Program The Big Start Indonesia tahun lalu, di musim ke-2 ini pun Blibli.com akan menyiarkan proses karantina para finalis melalui Youtube.

Program ini didukung sepenuhnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Bakti Budaya Djarum Foundation, Podomoro University, Lenovo, So Good Food, Google, Youtube, Facebook, dan Instagram.