pulsa-logo

Headset Mixed Reality Samsung Hadir dengan Layar Ganda, Seperti Apa?


Galing

Rabu, 04 Oktober 2017 • 14:15

Samsung HMD Odyssey Mixed Reality Headset


Microsoft akhirnya mengumumkan headset HMD Odyssey Mixed Reality Samsung di sebuah acara di San Francisco hari ini. Gambar headset tersebut bocor sekitar seminggu yang lalu dan perangkat ini akan tersedia melalui pre order mulai hari ini.

Samsung HMD Odyssey nantinya akan jadi pesaing headset MR lainnya yang telah meluncur sebelumnya seperti Lenovo Explorer, Dell Visor, headset Acer MR, dan headset HP Windows MR.

Berbeda dari empat headset lainnya, Odyssey memiliki layar OLED ganda dengan resolusi masing-masing 2880 x 1660. Tingkatan resolusi ini jauh meninggalkan resolusi layar headset lainnya yang berada pada kisaran angka 1440 x 1440 piksel. Headset Ini juga memiliki sudut pandang 110 derajat melebihi sudut pandang headset lain yang umumnya hanya berkisar pada angka 105 derajat.

Foto: GizmoChinaFoto: GizmoChina

Odyssey juga sudah dibenamkan dengan headphone buatan AKG yang dilengkapi dengan fitur audio spasial dan jalur mikrofon ganda. Sementara headset lainnya memiliki headphone dan mikrofon terpisah yang harus dipasangkan melalui jack audio 3.5mm. Adapun refresh rate untuk semua headset yang ada tercatat sama di angka 90Hz.

Semua fitur tambahan yang dijejalkan ini menjadikan perangkat ini dibanderol lebih mahal pada label 499 USD atau sekitar 6,7 juta rupiah. Sementara Dell Visor dan headset HP MR dihargai lebih rendah 449 USD atau 6 juta rupiah. Sedangkan Acer dan Lenovo Explorer bahkan bisa didapatkan dengan harga paling murah yakni sebesar 399 USD atau sama dengan 5,4 juta rupiah.

Semua headset hadir dengan motion controller yang sama. Pro order Odyssey sudah mulai dibuka pada hari dan barangnya akan mulai dikirimkan pada tanggal 6 November mendatang. Sementara keempat headset MR lainnya juga sudah mulai bisa dipesan serta akan tersedia pada tanggal 17 Oktober nanti.

Microsoft juga mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi AltspaceVR, perusahaan perintis komunikasi immersive yang selama ini dikenal sebagai penyelenggara berbagai macam kegiatan sosial VR seperti konser, pertemuan, dan pertunjukan komedi.


Microsoft mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menjalin kerja sama dengan Valve untuk memastikan katalog konten SteamVR dapat bekerja dengan baik pada headset MR yang mereka pasarkan. Mulai hari ini, pengembang juga akan mendapatkan akses ke Windows MR SteamVR Preview Edition. Selanjutnya akses lebih luas akan dibuka untuk umum setidaknya sampai akhir tahun ini. (Tary/Galing)

Sumber: GizmoChina