pulsa-logo

Garap Chipset Sendiri, Apa Nama Prosesor Buatan LG?


Galing

Rabu, 04 Oktober 2017 • 18:52

LG Kromax, LG Epik


Pada tahun 2014 LG mengikuti jejak saingannya seperti Samsung dan Huawei untuk meluncurkan chipsetnya sendiri, yang disebut NUCLUN. Akan tetapi chipsetnya hanya berhasil diadopsi oleh satu perangkat eksklusif di Korea.

Foto: PhoneArenaFoto: PhoneArena

Meski banyak kabar menyebutkan bahwa perusahaan elektronik tersebut belum menyerah dalam upaya mereka membuat chipset prosesornya sendiri, namun hingga kini hal tersebut belum pernah benar-benar terwujud. Akan tetapi kondisi tersebut mungkin akan segera berubah dalam waktu dekat jika menilik dua merek dagang terbaru yang saat ini didaftarkan oleh LG kepada Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa.

Dinamakan "Prosesor LG KROMAX" dan "Prosesor LG EPIK," keduanya diklasifikasikan dengan "Chip [integrated circuits] atau chip Multiprosesor,".

Dan sementara tidak ada jaminan bahwa chipset dengan nama di atas akan masuk ke smartphone apalagi bila menilik kenyataan bahwa chipset demikian bisa saja ditanamkan pada perangkat iOT misalnya. Intel pada tahun lalu bahkan secara resmi mengkonfirmasi akan memproduksi chip smartphone ARM buatan LG di pabriknya. Menurut laporan yang sama, chip tersebut akan menggunakan teknologi 10 nm standar industri saat ini, yang juga diperkirakan akan tetap digunakan pada prosesor smartphone flagships yang meluncur di tahun mendatang.

Ini artinya besar kemungkinan LG akan mulai memasang prosesor garapan mereka sendiri pada  smartphone buatannya nanti di masa datang. Namun, LG tidak mungkin mengambil risiko untuk langsung menanamkan chipset buatannya tersebut ke perangkat flagshipnya apalagi jika chipset garapan mereka sebelumnya ternyata memiliki kinerja yang terbilang payah. (Tary/Galing)

Sumber: PhoneArena