pulsa-logo

Intip Video Uji Ekstrem Nokia 8, Setangguh Apa ya?


Fauzi

Kamis, 05 Oktober 2017 • 14:26

Nokia 8


Pernah menjadi salah satu brand yang sangat kuat di pasar global, Nokia dikenal dengan perengkat kerasnya yang kokoh dan tangguh. Selama bertahun-tahun, Nokia mendapat pujian dari konsumennya karena konstruksi kokoh di ponsel mereka, termasuk di ponsel feature-nya.

Pasca akusisi pisi mobile Nokia oleh HMD Global, apakah merek Nokia yang baru tetap akan mempertahankan ciri yang sama dengan ponsel tangguh yang dulu lekat di merek Nokia? Jika kita mengikuti uji durabilitas Nokia 6, maka jawabannya adalah ya.

Tapi bagaimana dengan smartphone generasi terbaru Nokia yakni Nokia 8? Seorang gadget reviewer bernama JerryRigEverything melakukan serangkaian tes ‘penyiksaan’ yang intens dan komprehensif pada Nokia 8. Mulai dari pengujian gores (scratches), bakar (burn) dan berbagai pengujian ketahanan bahan Nokia 8.

Dalam sebuah video berdurasi 5 menit, penguji mula-mula melakukan unboxing dan mengecek kondisi smartphone dalam bodi yang mulus, tidak rusak dan tetap aktif. Pengujian dimulai saat smartphone mulai pengujian gores, dengan penguji menggores kaca depan menggunakan benda tajam. Kaca depan tergores dengan mudah seperti yang Anda harapkan karena kacanya dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass 5. Demikian pula, ketika si penguji melakukan pengujian dengan menyalakan api tepat di depan layar, piksel yang  terkena jilatan api langsung menjadi hitam setelah sepuluh detik, namun setelah itu LCD itu sepenuhnya pulih setelah nyala api padam.

Bagian belakang casing smartphone dibangun dari bahan aluminium, yang berarti sangat tangguh saat tergores atau saat terjatuh. Seluruh bagian kamera belakang (yang juga dilengkapi lampu kilat LED) ditutupi oleh kaca, sehingga meminimalisir kerusakan karena  tergores semudah seperti bahan plastik.

Beralih ke bagian yang paling penting, Nokia 8 ternyata  smartphone yang cukup tangguh saat dilakukan pengujian bend-test (pembengkokan). Ini terlepas dari kenyataan bahwa smartphone ini menggunakan bahan casing  aluminium seri 6000 di mana Apple harus menyerah dan mengganti dengan paduan seri 7000 agar tidak mudah dibengkokkan. Penggunaan bahan aluminium di Nokia 8 memberikan kontribusi besar terhadap daya tahannya. Jadi secara umum, pengujian yang dilakukan oleh JerryRigEverything membuktikan bahwa Nokia 8 masih mempertahankan ketangguhan smartphone Nokia hingga saat ini.


Sumber: GSMarena