pulsa-logo

Hebat! Kamera Google Pixel 2 Kalahkan iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8


Galing

Kamis, 05 Oktober 2017 • 17:30


Baru saja mendapatkan predikat kamera terbaik, dua perangkat flagship besutan raksasa teknologi dunia Apple dan Samsung rupanya terpaksa harus bertekuk lutut di hadapan Pixel 2 yang baru saja diumumkan pada hari Rabu kemarin di Amerika Serikat. Generasi pertama Google Pixel berhasil mendapatkan nilai akumulasi 89 saat diuji oleh DxO Mark Mobile. Perangkat resmi Google penerus Nexus tersebut bahkan sempat jadi smartphone dengan kamera terbaik saat itu sebelum akhirnya gelar tersebut harus jatuh ke tangan HTC U11 yang kemudian disalip pula oleh duo perangkat jagoan iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8.

Foto: DxO Mark via SoyacincauFoto: DxO Mark via Soyacincau

Sebelumnya, Galaxy Note 8 dan iPhone 8 Plus diketahui telah mendapatkan predikat sebagai smartphone dengan kamera terbaik oleh DxO Mark Mobile dengan skor setinggi 94. Sayangnya hal ini tidak bertahan lama, karena ternyata predikat tersebut harus mereka serahkan segera kepada Pixel 2 yang mendapatkan 4 poin lebih tinggi yakni pada skor 98. Lebih mengejutkannya lagi, kemenangan yang berhasil diraih oleh Pixel 2 ini ternyata berhasil dicapai dengan hanya mengandalkan kamera tunggal di bagian belakang.

Tidak seperti Pixel 2, kedua perangkat sebelumnya yang menduduki peringkat teratas DxO Mark adalah smartphone dengan kamera ganda di belakang.  Pixel 2 yang menggunakan kamera tunggal dengan resolusi 12MP hadir dengan diafragma f/1.8 yang memiliki sensor berukuran 1/2.6. Sensor miliknya dibekali dengan dual-pixel Autofocus yang dibantu dengan adanya fitur Optical Image Stabilization. Sensor tunggal yang dimiliki bukanlah halangan bagi Pixel 2 untuk menyuguhkan mode portrait yang bisa diterapkan baik di bagian belakang maupun depan perangkat.

Guna menciptakan mode portrait, Pixel 2 memanfaatkan piksel kedua dari teknologi dual-pixel Autofocus yang disematkannya untuk mengumpulkan data yang akan membedakan objek latar depan (foreground) dari objek latar belakang (background) serta menghasilkan efek bokeh yang menawan. Sementara untuk kamera depannya tetap menyediakan mode portrait meski sensor miliknya tidak dipersenjatai dengan teknologi dual-pixel Autofocus. Namun begitu dengan absennya sensor sekunder, kamera Pixel 2 jadi kehilangan kemampuan zooming optik.

Foto: DxO Mark via SoyacincauFoto: DxO Mark via Soyacincau

Foto: DxO Mark via SoyacincauFoto: DxO Mark via Soyacincau

Secara keseluruhan, kemampuan fotografi dari Pixel 2 sanggup meraih hingga angka 99 yang menempatkannya pada posisi lebih tinggi dibanding iPhone 8 Plus serta satu angka lebih rendah dibanding Galaxy Note 8. Meski begitu kemampuan kamera milik Pixel 2 jadi terdongkrak nilainya berkat kemampuan merekam videonya yang begitu superior berkat dijejalkannya fitur OIS dan EIS. Selain hasilkan video lebih stabil, rekaman Pixel 2 juga terbukti lebih bagus dengan fokus lebih cepat dan subject tracking yang lebih mumpuni. Pengurangan noise juga jadi faktor kunci keunggulan kualitas video kamera yang dimiliki oleh Pixel 2.


Adapun iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8 sendiri hanya sanggup mencetak skor video sebesar masing-masing 89 dan 84. Sedangkan skor video yang diperoleh Pixel 2 adalah 96. Sehingga setelah dirata-rata, Pixel 2 yang mencetak skor 98 pada akhirnya mengalahkan iPhone 8 Plus dan Note 8 yang memiliki poin sama yakni sebesar 94. Informasi lebih lengkap tentang performa kamera Pixel 2 dapat Anda lihat pada tautan yang PULSA sertakan di bawah. (Tary/Galing)

Sumber: 1, 2