pulsa-logo

Makin Meluas, Apple Selidiki Penyebab Membengkaknya Baterai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus


Galing

Sabtu, 07 Oktober 2017 • 13:20

iPhone 8 Plus, iPhone 8


Apple kini memasukimasa-masa sulit terkait dengan komponen baterai yang membengkak di duo smartphone terbarunya yakni iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Beberapa laporan yang datang dari pengguna yang berdomisili di Asia, Amerika Utara, dan Eropa menunjukkan bahwa iPhone 8 atau 8 Plus yang mereka miliki baterainya mengalami pembengkakan yang  parah.

Dari beberapa gambar yang dibagikan di forum-forum dan thread di internet, terlihat bahwa baterai dari unit iPhone 8 dan iPhone 8 Plus benar-benar membengkak dan memaksa casing smartphone terbuka atau mangap. Awalnya, keluhan-keluhan dan laporan dari banyak pengguna ini masih diragukan kebenarannya, dan dianggap palsu.

Foto: GizChinaFoto: GizChina

Akan tetapi karena keluhan ini berasal dari berbagai belahan dunia sehingga akhirnya memaksa  Apple untuk segera  menyelidiki keaslian laporan tersebut.  Hingga sekarang,  muncul laporan yang sama  yang berasal dari pengguna iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di China, Kanada, Yunani, Jepang dan Taiwan.

Apple mengkonfirmasi berita tersebut dan mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang menyelidikinya.  Meski demikian, Apple  tidak menyebutkan berapa banyak perangkat yang telah terpengaruh oleh masalah komponen baterai yang membengkak tersebut.

Jika memang benar bahwa iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mengalami masalah dengan komponen baterai yang membengkak, ini jelas musibah besar bagi Apple. Apalagi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus belum genap 1 bulan tersedia di pasaran. Smartphone ini baru mulai dijual pada tanggal 22 September dan cukup mengejutkan bahwa masalah ini segera muncul. Dalam sebuah laporan terpisah yang dimuat oleh PhoneArena pada tanggal 30 September lalu, seorang pengguna iPhone 8 Plus bahkan telah mengklaim baterai perangkat miliknya bengkak saat diisi dayanya. Artinya hanya dalam hitungan satu minggu, masalah yang menimpa perangkat buatan raksasa pesaing berat Samsung ini telah menjadi viral di media sosial.

Meski begitu, Apple mengatakan bahwa kasus ini mungkin dalam jumlah yang terbatas mengingat jumlah perangkat yang terjual belum terlalu banyak. Ada spekulasi yang menyebutkan  bahwa masalah tersebut  bisa terjadi karena pengisian baterai yang berlebihan.

Hal ini tentu ironis, dan menuntun ingatan kita bahwa saingan Apple yakni Samsung pernah tertimpa masalah yang sama dengan insiden Galaxy Note 7 yang komponen baterainya beresiko meledak dan terbakar. Samsung terpaksa harus menarik dan menghentikan penjualan semua unit Note 7 dari seluruh dunia, dan jelas menelan kerugian yang tidak sedikit. Lalu bagaimana dengan Apple saat tertimpa masalah yang nyaris sama dengan Samsung ? Akankah Apple juga mengambil langkah berani seperti Samsung  dengan menarik dan menghentikan penjualan unit iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dari seluruh dunia? Ataukah Apple memiliki solusi alternatif lainnya.  Kita tunggu saja perkembangan kasus ini ke depannya, termasuk hasil dari investigasi Apple terkait masalah ini, (Nariswari/Galing)


Sumber: 1, 2