pulsa-logo

Ikut Pakai FaceID, Sensor Sidik Jari di Android akan Jadi Teknologi Usang?


Galing

Senin, 09 Oktober 2017 • 05:20

FaceID, Sensor Sidik Jari, Fingerprint Technology, Fingerprint Sensor, Android


Pengembangan konsep sensor sidik jari sukses  diterima secara luas oleh industri smartphone dan populer digunakan untuk pembayaran elektronik sebagai salah satu langkah otentifikasi pengguna. Namun, seiring dengan majunya zaman dan arus digital yang semakin maju, inovasi ini segera akan bergeser  bahkan dianggap sebagai teknologi usang, setidaknya di perangkat premium.

Sebuah analisa terbaru dikemukakan olehanalis senior dari KGI Securities bernama Ming-Chi Kuo yang mengatakan bahwa vendor ponsel berbasis OS Android semestinya memberi perhatian lebih besar dan lebih serius pada solusi penginderaan 3D untuk pengenalan wajah. Seperti yang dilakukan oleh Apple melalui FaceID.

Foto: GizChinaFoto: GizChina

Sejak peluncuran  iPhone X di 12 September lalu, ada banyak pertanyaan di benak publik  tentang penginderaan 3D yang tidak hanya digunakan untuk aplikasi keamanan namun juga akan menambah pengalaman baru bagi pengguna dalam melakukan otentifikasi perangkat. Termasuk dalam pemanfaatan teknologi augmented reality.

Terkait dengan hal ini, Kuo berkata,

"Penginderaan 3D tidak hanya memungkinkan pengenalan wajah pada aplikasi keamanan akan tetapi memungkinkan pengguna membuat ekspresi menyenangkan seperti  Animoji yang digarap oleh Apple. Bahkan penginderaan 3D pada tingkat yang lebih penting,  adalah merupakan faktor kunci dalam pengembangan AR.  Oleh karena itu, kami percaya bahwa vendor smartphone Android  bersedia untuk membelanjakan lebih banyak sumber daya  untuk komponen terkait penginderaan 3D. "

Setelah Apple sukses memperkenalkan FaceID, saingan berat Apple yakni  Samsung Electronics kemungkinan besar akan tetap mempertahankan pemanfaatan pengenalan sidik jari optik karena dapat disesuaikan dengan display OLED garapan perusahaan tersebut. Apalagi menghindari  resiko kekurangan komponen bukanlah hal yang mudah untuk produsen perangkat yang ingin berpindah ke sistem penginderaan 3D. Lalu bagaimana dengan Samsung Galaxy Note 9? Apakah akan menyisipkan penginderaan 3D atau teknologi lainnya?

Kuo lebih jauh menyebutkan  bahwa sensor sidik jari yang disematkan di bawah layar kaca Samsung Galaxy Note 9 memang tergolong canggih dengan compact image sensor yang dirancang sedemikian rupa agar pas dengan panel OLED garapan Samsung. (Nariswari/Galing


Sumber: GizChina