pulsa-logo

Belajar dari (Kegagalan) Masa Lalu, Nokia Bakal Terus Gunakan Android


Fauzi

Senin, 09 Oktober 2017 • 11:08

HMD Global,Nokia


Sempat absen sesaat, kini di bawah bendera baru HMD Global yang juga bermarkas di negara yang sama, Nokia siap kembali ke pasar smartphone dunia.

Bicara soal Nokia, brand asal Finlandia ini merupakan salah satu perusahaan yang pernah sukses merajai pasar ponsel dengan periode yang cukup lama. Sayangnya, di era smartphone, kedigdayaan perusahaan ini mulai goyah dan pada akhirnya Nokia pun terjungkal dari singgasana sebagai pemimpin pasar ponsel.

Sayangnya lagi, upaya Nokia untuk bisa mengimbangi para rivalnya dengan mengusung sistem operasi Windows Phone beberapa waktu lalu ternyata tak cukup kuat untuk mendongkrak posisinya.

Nokia dengan Windows Phone-nya mungkin sudah menjadi cerita. Kini brand tersebut melalui HMD Global kembali mencoba peruntungan di pasar smartphone dengan platform Android.

Menurut Affancik Hamim, Organized Trade Channel at HMD Global – Indonesia, beralihnya Nokia menggunakan Android merupakan langkah yang realistis. Hamim juga tidak menampik bahwasanya Nokia bakal terus menggunakan platform besutan Google tersebut.

“Saya kira pengalaman yang lalu itu mengajarkan banyak hal, sehingga kita memutuskan untuk beranjak menggunakan Android sistem,” ungkap Hamim ketika diwawancara PULSA di sela-sela acara pengumuman kerjasamanya dengan Erajaya Group beberapa waktu lalu.