pulsa-logo

Apple Berbohong Soal Fast Charging di iPhone 8 Plus?


Galing

Senin, 09 Oktober 2017 • 20:23

iphone 8, iPhone 8 Plus, Apple Bohong, Apple


Foto: GizmoChinaFoto: GizmoChina

Salah satu fitur iPhone 8 Plus yang kerap digembar-gemborkan oleh Apple adalah pengisian daya cepat yang sebenarnya telah lebih dulu ada di perangkat dengan sistem operasi Android. Meski sang vendor tidak banyak bicara soal sistem pengisian daya cepat baru yang digunakan pada iPhone 8 Plus saat acara peluncuran yang diselenggarakan pada 12 September lalu, namun berdasarkan pengalaman dari pengguna jelas sekali bahwa kecepatan pengisian daya yang sesungguhnya tidak secepat yang diklaim.

Guna membuktikan hal tersebut, sebuah saluran video YouTube XTEECHCARE telah melakukan percobaan dengan kesimpulan akhir bahwa fitur pengisian daya cepat ternyata tidak menimbulkan kesan yang istimewa bagi pengguna iPhone 8. Karena pada dasarnya kecepatan pengisian daya yang berhasil dicapai ternyata malah lebih lambat ketimbang kecepatan pengisian baterai iPhone 7 Plus.

Pengisian daya cepat pada iPhone 8 Plus memerlukan adanya adapter daya tambahan Apple 29W USB-C beserta USB-C to lightning cable yang harus dibeli secara terpisah. Dengan kata lain, kemampuan mengisi daya cepat dari iPhone 8 tersebut ternyata bukanlah kemampuan bawaan dari perangkat melainkan kemampuan yang berasal dari aksesoris tambahan yang dibeli oleh pengguna.

Video percobaan menunjukkan bahwa iPhone 8 Plus membutuhkan waktu 2 jam 10 menit untuk terisi dari posisi kosong hingga penuh. Sedangkan iPhone 7 Plus hanya membutuhkan waktu 1 jam 59 menit menggunakan adapter daya yang sama dengan label harga yang cukup mahal yakni $75 atau setara dengan satu jutaan. Ini artinya baterai iPhone 7 Plus yang berkapasitas 2900mAh ternyata terisi lebih cepat daripada baterai 2691mAh milik iPhone 8 Plus.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi hingga penuh dari kedua perangkat buatan Apple ini jelas jauh di belakang perangkat jagoan Samsung yaitu Galaxy S8 Plus yang hanya perlu waktu 1 jam 42 menit pada kapasitas baterai yang jauh lebih besar yakni 3500mAh. Bagi pembaca yang penasaran dengan video percobaan dimaksud, silakan simak tayangannya pada video berikut:

(Galing)


Sumber: Softpedia