pulsa-logo

Teknologi TrueDepth Camera dan Face ID Bakal Hadir di iPad Pro


dian iskandar

Selasa, 10 Oktober 2017 • 10:08

Teknologi TrueDepth Camera dan Face ID Bakal Hadir di iPad Pro


image source: Phonearenaimage source: Phonearena

Teknologi pemindaian wajah 3D FaceID yang dibenamkan di iPhone X, sejauh ini adalah merupakan teknologi otentifikasi paling mutakhir di dunia smartphone. Namun di tahun depan, teknologi ini akan mulai banyak diaplikasikan dibanyak perangkat.

Setidaknya hal inilah yang diprediksi oleh  analis KGI Securities  bernama Ming-Chi Kuo, yang menyebutkan bahwa  versi  iPad Pro generasi terbaru yang akan diluncurkantahun depan akan dibekali dengan kamera TrueDepth, seperti yang ada di iPhone X. Kamera ini digunakan untuk menjalankanfitur Face ID yang  memungkinkan pengguna dapat membuka ponsel mereka dengan melakukan pemindaian wajah mereka di perangkat. Tak hanya itu, FaceIDjuga memverifikasi identitas pemilik smartphone saat Apple Pay digunakan untuk melakukan pembayaran.

Menurut Kuo, dengan Kamera TrueDepth yang masuk ke iPad Pro, tentu akan menghadirkan fitur Face ID. Ia percaya bahwa Apple sedang mencoba untuk menghadirkan spesifikasihigh-end keiPad Pro generasi mendatang  yangmirip dengan pengalaman pengguna dapatkan diiPhone X.

Kuo mengatakan bahwa di antara tablet Apple, hanya iPad Pro (2018)yang akan menampilkan Face ID. Selain itu, Kuo juga mengatakan bahwa Apple berencana untuk menghadirkan teknologi TrueDepth Camera and Face ID di iPhone (2018). Dan tentu perlahan akan menginggalkan TouchID sebagai proses otentifikasi pengguna.

Lalu bagaimana dengan teknologi pemindai sidik jari di bawah layar? Kompetitor Apple, Samsung saat ini  dikabarkan tengah  mengerjakan teknologi pengenalan wajah untuk model smartphone generasi mendatang mereka dan juga mengembangkan teknologipemindai sidik jari di bawah kaca.

Perlu Anda ketahui, Samsung dan Apple keduanya bekerja keras selama inidalam upaya memindahkan pemindai biometrik kebawah layar ponsel andalan mereka, namun sejauh inikeduanya masih belum berhasil. Samsung masih menempatkan pemindai sidik jarinya di dekat kamera di bagian belakang pada smartphone SamsungGalaxy S8, Galaxy S8 + dan Galaxy Note 8.

Lain ceritanya dengan  Apple yang memilih untukmencari solusi lain dengan menghadirkan teknologi pemindaian wajah 3D FaceID pada Phone X. Dan reaksi publik terhadap fitur tersebut selama peresmian iPhone X sangat tinggi, yang tentu mendorong  Samsung untuk menawarkan teknologi yang mirip FaceID pada model Samsung Galaxy yang dirilis pada tahun 2018 mendatang.


Satu kelemahan yang ditemukan Apple adalah bahwa pembuatan TrueDepth Camera yang kompleks tampaknya cukup sulit. Sebuah kabarbaru-baru ini melaporkan bahwa karena masalah dengan pasokan komponenkamera, Apple hanya sanggup mencapai produksi dibawah 10% untuk produksi iPhone X. Akibatnya, peluncuran model premium ini tertunda hinggatanggal 3 November, bahwa ada rumor yang menyebutkan tertunda hingga Desember.  Adapun untuk tablet  iPad Pro  (2018)  yang akan menghadirkan fitur FaceID dan kamera TrueDepth, kemungkinan akan dirilis padaparuh pertama tahun depan. (*)

Sumber: Phonearena