pulsa-logo

Takut Ditinggal Apple, TSMC Habiskan 20 Miliar USD untuk Bangun Fasilitas ini


Galing

Selasa, 10 Oktober 2017 • 16:21

TSMC, Apple, Chipset A11 Bionic, Semikonduktor, Pemasok Chipset Apple


Foto: PhoneArenaFoto: PhoneArena

Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan mungkin tidak benar-benar menjadi nama perangkat rumah tangga, namun merupakan salah satu pemain besar dalam pembuatan komponen smartphone. Sementara perusahaan seperti Qualcomm, MediaTek dan Apple merancang chipset mereka sendiri, TSMC merupakan perusahaan yang memproduksinya.

Adapun para pesaingnya seperti Samsung Semiconductor dan Intel selama ini senantiasa berupaya untuk terus meningkatkan dan mengeluarkan beragam inovasi dalam proses penggarapannya. TSMC telah membuat roadmap jangka panjang hingga tahun 2022 yang akan menyiapkan sebuah lini produksi semikonduktor 3nm.

Chip high-end saat ini menggunakan proses 10nm, jadi TSMC harus bekerja lebih keras untuk mewujudkan sebuah chipset dengan ukuran prosesnya yang tiga kali lipat lebih kecil. Hasil akhirnya adalah chip yang lebih kuat bahkan bagi pengguna smartphone yang paling kasual sekalipun.

Tapi untuk menghasilkan proses 3nm sendiri, TSMC perlu membangun pabrik yang sepenuhnya didedikasikan untuk itu. Beberapa laporan menyebutkan bahwa perusaah semikonduktor tersebut saat ini tengah mengupayakan pembangunan fasilitas manufaktur chipset yang akan berlokasi di wilayah Amerika Serikat.

Dalam Sebuah wawancara dengan Bloomberg, Chairman dan Founder Morris Chang telah mengungkapkan perkiraan harga untuk membangun pabrik tersebut kemungkinan besar akan menghabiskan dana senilai 20 miliar USD.  Angka ini cukup dekat dengan GDP tahunan negara-negara seperti Siprus dan Kamboja, yang membuat angka ini cukup mengesankan bagi sebuah perusahaan berteknologi canggih sekalipun.

Keputusan untuk menggelontorkan dana sebanyak ini tampaknya berhubungan begitu erat dengan Apple. Selama ini, TSMC telah menjadi satu-satunya pemasok chipset Apple selama beberapa tahun yang menempatkan pembuat iPhone tersebut sebagai pelanggan chipset buatan mereka. Kabarnya pabrik baru ini adalah investasi yang dilakukan demi meyakinkan Apple untuk terus menjadikan TSMC sebagai pemasok komponen chipset garapannya.

Tapi jika 2022 tampaknya terlalu jauh dari sekarang, setidaknya ada dua generasi lagi yang harus dilalui  untuk membuat chipset dengan proses 7nm dan 5nm. Proses 7nm diperkirakan akan sampai di tangan konsumen mulai tahun depan, sementara untuk proses 5nm mungkin akan memulai debutnya antara tahun 2019-2020. (Tary/Galing)


Sumber: PhoneArena