pulsa-logo

Rombak Tampilan Play Store, Fitur Baru Ini Kian Mudahkan Pengguna


Galing

Selasa, 10 Oktober 2017 • 17:10

Update Play Store, Fitur Baru Play Store


Foto: AndroidHeadlinesFoto: AndroidHeadlines

Google tampaknya tengah merombak tampilan Play Store yang ditujukan untuk membantu pengguna menentukan apakah aplikasi yang dicari meraih peringkat pada kategori tertentu. Penambahan bagian halaman baru yang dapat diklik muncul untuk beberapa pengguna saat aplikasi yang mereka lihat diberi peringkat di dalam kategori yang ada di Store. Contohnya pada halaman unduh Nintendo's Super Mario Run, halaman game yang ada akan menampilkan informasi bahwa game jenis ini berhasil meraih peringkat terbaik dalam kategori "Top Free Action" tepat di bawah tombol Install di Google Play Store.

Penyertaan informasi ini baru ini sekaligus memberikan panduan apakah sebuah aplikasi berhasil meraih peringkat atau seberapa tinggi nilainya. Ini artinya aplikasi yang telah berhasil memperoleh peringkat di antara ratusan juta aplikasi yang ada tentu masuk dalam kategori yang layak untuk direkomendasikan sesuai dengan kategori yang pengguna pilih.

Google tampaknya mengambil langkah lebih jauh yang menyasar pengguna dengan tingkat kebutuhan tinggi. Saat pengguna mengeklik tautan berwarna hijau yang terletak tepat di bawah tombol install, Anda akan langsung dibawa masuk ke laman yang berisikan daftar peringkat aplikasi menurut masing-masing kategori. Jika merujuk pada contoh gambar yang diberikan di atas, yaitu Super Mario Run, begitu Anda mengklik teks judul hijau berbunyi "Top Free Action" maka pengguna akan dibawa ke laman daftar peringkat yang berada dalam kategori “Free Action Game” di dalam Play Store. Hal tersebut akan memungkinkan pengguna melihat judul populer lainnya di kategori ini. Untuk kategori lain, seperti aplikasi berbasis komunikasi, penambahan baru ke UI akan membantu pengguna yang sebagian besar puas dengan aplikasi mereka saat ini namun ingin memiliki fitur tambahan.

Seperti layaknya proses uji fitur, tidak semua orang akan mendapatkan kesempatan untuk mengaktifkannya. Sayangnya hingga kini belum diketahui pasti kapan uji coba ini akan diresmikan secara lebih luas ke seluruh pengguna Android. (Tary/Galing)

Sumber: AndroidHeadlines