pulsa-logo

Ponsel Dual Camera Dominasi Pasar Smartphone Tanah Air


Deni Hardian

Selasa, 10 Oktober 2017 • 17:46

Ponsel Dual Camera, Pasar Smartphone Tanah Air,


Memasuki pekan kedua Oktober 2017, pasar smartphone tanah air kembali bergairah. Beragam produk baru mulai meramaikan etalase kios ponsel. Menariknya, ponsel dengan dual kamera belakang masih mendominasi pasar. Hanya saja, diantara ponsel-ponsel tersebut masuk melalui jalur tidak resmi, dan hanya di kover oleh garansi distributor.

Dari jajaran ponsel baru tersebut, ponsel dual camera besutan Genpro cukup mencuri perhatian. Tidak hanya satu, Genpro mulai memasarkan dua smartphone berkamera ganda yang dibanderol dengan harga yang sangat "miring". Bahkan harganya cukup merusak harga pasaran smartphone dual kamera saat ini yang masih diatas 2 juta-an.

Selain kehadiran 2 smartphone Genpro, pasar ponsel tanah air juga kedatangan smartphone baru besutan vendor lokal yang sudah cukup lama vakum. Adalah Mito Srint yang hadir dalam dua varian memory dan RAM yang berbeda yang siap bertarung dengan mengandalkan akses jaringan 4G LTE serta label harga yang sangat terjangkau.

Sementara itu, Haier yang cukup suksen memasarkan smartphone andalannya yang bernama Haier Leisure L7 mulai memasarkan smartphone terbarunya yang bernama Haier G7. Dilain pihak, Asus diam-diam mulai mengedarkan satu smartphone terbarunya yang bertajuk Asus Zenfone 4 Selfie ZD553KL. Kabar baiknya, smartphone besutan Genpro, Haier, Mito dan Asus menghiasi pasaran dengan jaminan garansi resmi.

Untuk ponsel pintar yang beredar secara tidak resmi adalah Xiaomi Redmi Note 5A, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Ketiganya mulai beredar dipasaran dengan kover garansi distributor.

Apa saja yang ditawarkan masing-masing ponsel baru yang beredar dipasaran serta berapa label harga yang ditawarkan kepada pecinta ponsel tanah air? Simak ulasannya berikut ini.

1. Genpro Z


Rp 2.199.000

Smartphone hasil kolaborasi Evercoss, Lazada dan Qualcomm ini memiliki spesifikasi cukup gahar, namun hadir dengan label harga yang cukup terjangkau. Genpro Z disokong dual camera dengan resolusi 13 MP, baik depan maupun belakang. Dengan dual camera, Genpro Z bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh yang lebih bagus, focus lebih cepat, memungkinkan untuk refocus pada foto yang telah diambil, bisa menambahkan efek kreatif, serta bisa menghasilkan gambar dengan detail dan ketajaman yang lebih bagus.

Selain kamera dual lensa, dapur pacu Genpro Z menggunakan prosesor octacore 1.5 Ghz, RAM 4GB dan ROM 32 BG. Tak hanya itu, perangkat ini juga hadir dengan tampilan yang cukup premium dengan balutan layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi full HD 1080p.

2. Genpro X Pro

Rp 1.199.000

Tak hanya akan memasarkan Genpro Z, Genpro diam-diam juga akan segera memasarkan smartphone murah terbarunya yang bernama Genpro X Pro. Versi murah Genpro Z ini hadir dengan spesifikasi serta fitur yang cukup menggoda. Berdasarkan bocoran yang di dapat PULSA, Genpro X Pro akan memulai debutnya dalam waktu dekat dengan menawarkan fitur dual-kamera belakang sebagai nilai jual utamanya.

Sebagai smartphone versi murah Genpro Z, Genpro X Pro dibekali dengan panel layar yang lebih mungil yakni 5.0 inci dengan resolusi layar HD 720p. Sedangkan untuk penopang kinerjanya telah tertanam prosesor quad-core 1.25GHz yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 3GB dan memory internal 32GB. Asiknya lagi, perangkat ini juga telah mendukunga akses jaringan 4G LTE plus dukungan OS Android 7.0 Nougat.

3. Haier G7

Rp 1.149.000

Haier G7 tampil dengan warna-warni yang ceria untu tampilan gaya busana sehari-hari maupun bagi yang berjiwa muda nan dinamis.  Perangkat ini memiliki layar berukuran 5 inci yang dilengkapi dengan teknologi High Definition (HD). Agar dapat mendukung kegiatan produktivitas sehari-hari, jaringan komunikasi LTE dapat dinikmati melalui Haier G7 ini. Di bagian penyimpanan, Haier G7 dilengkapi dengan kapasitas sebesar 16GB yang dapat ditambah dengan menggunakan memori eksternal tambahan, sehingga bisa menampung lebih banyak data.

Pada bagian kameranya, Haier menyematkan kamera beresolusi 5 megapiksel di bagian belakang yang dilengkapi dengan lampu flash, dan kamera 5 megapiksel pada bagian depan yang juga dilengkapi dengan lampu flash agar hasil foto selfie menjadi lebih optimal. Mendengarkan musik maupun bermain game menjadi lebih seru dengan hadirnya teknologi DTS Sound Effect. Berkat hadirnya teknologi tersebut, kualitas audio yang dihasilkan menjadi lebih stereo dan nyaman di kuping.

4. Asus Zenfone 4 Selfie ZD553KL

Rp 3.499.000

Asus Zenfone 4 Selfie hadir dengan mengandalkan kamera selfie sebagai nilai jual utama. Senjata selfie perangkat ini terdiri dari sensor berukuran 20MP serta sensor lain berkekuatan 8MP yang sanggup mengabadikan selfie dengan sudut yang lebih lebar. Guna membantu pencahayaan, ponsel ini telah dilengkapi pula dengan LED flash.

Beralih ke bagian belakang, Anda dapat menemukan kamera berukuran 16MP yang dapat Anda gunakan pula untuk mengabadikan video hingga resolusi 1080p. Diotaki oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 430, perangkat ini hadir pula dengan kombinasi RAM berukuran 4GB dan ruang penyimpanan 64GB. Menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang dipercantik dengan antarmuka ZenUI 4.0, layar yang digunakan pun tidak berbeda dari Max Pro dengan diagonal sebesar 5,5 inci serta resolusi HD 720p.

5. Mito Sprint 2GB/16GB

Rp 1.099.000

Mito Sprint 1GB/8GB

Rp 799.000

Lama tak terdengar, Mito mulai menggebrak pasar ponsel tanah air dengan smartphone andalan terbarunya. Adalah Mito A19 Sprint yang merupakan ponsel pintar dengan harga yang terjangkau. Tak hanya terjangkau, perangkat ini juga dibekali dengan fitur dan spesifikasi yang cukup bai dikelasnya. Perangkat ini hadir dalam dua versi memory internal dan RAM.

Versi tertinggi memiliki dukungan RAM sebesar 2GB dan memory internal 16GB, sedangkan untuk versi lainnya memiliki RAM 1GB dan memory internal 8GB. Perbedaan lainnya terletak pada resolusi layar yang dimiliki. Mito Sprint dengan RAM 2GB memiliki resolusi layar HD 720p sedangkan untuk versi RAM 1GB hanya memiliki resolusi FWVGA (480x854piksel). Untuk mendukung kinerjanya perangkat ini didukung dengan prosesor quad-core 1.3GHz plus dukungan slot kartu microSD up to 32GB dan baterai berkapasitas 2600 mAh.

6. Xiaomi Redmi Note 5A 2GB/16GB

Rp 1.700.000

Xiaomi Redmi Note 5A 3GB/32GB

Rp 2.200.000

Meski baru saja meluncurkan dan memasarkan smartphone andalan terbarunya yang bertajuk Xiaomi Mi A1, namun smartphone terbaru Xiaomi yang bernama Xiaomi Redmi Note 5A sudah tersedia dipasaran secara ilegal berkat campur tangan para distributor. Smartphone kelas menengah bawah terbaru Xiaomi ini hadir dengan spesifikasi yang terbilang biasa

Dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 4, Redmi Note 5A justru mengalami penurunan spesifikasi dari sisi hardware yang ditanamkan. Datang dengan panel layar 5,5 inci, Redmi Note 5A merupakan perangkat dengan kamera belakang berkekuatan 13MP dan kamera selfie dengan resolusi 16MP. Sektor performa diopang sepenuhnya oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 435 yang akan ditenagai pula dengan baterai berkapasitas 3.080mAh. Khusus untuk varian RAM 3 dan 4GB, Xiaomi juga akan menyertakan pula sensor pemindai sidik jari di bagian belakang.

7. iPhone 8 64GB

  • Rp 11.500.000

iPhone 8 256GB

  • Rp 13.500.000

iPhone 8 Plus 64GB

  • Rp 13.000.000

iPhone 8 Plus 256GB

  • Rp 15.000.000

Perangkat ini mengandalkan chip terbaru A11 dengan 6 Core. Apple menyebutunya chip terkuat yang belum pernah ada sebelumnya. Enam core di dalam chip A11 ini terbagi dalam dua tugas, dua core untuk performa dan empat core lainnya untuk efisiensi.Performa chip A11 diklaim  25 persen lebih cepat dari A10 dan 70 persen lebih efisien juga jika dibandingkan dengan chip A10. Untuk GPU, iPhone 8 akan ebih kuat 30 persen dibanding chip A10.

iPhone 8 tidak disebutkan menggunakan layar OLED. Spesikasi yang ditampilkan menyebutkan bahwa layar iPhone 8 memiliki fitur TrueTone display, Cinema Wide color gamut, Color Accuracy dan 3D Touch. Ini adalah layar Retina Display, seperti layar yang digunakan pada iPad Pro. Disain iPhone 8 pun tidak bezel-les.

Nah, beralih ke kamera, iPhone 8 dibekali dengan satu kamera belakang dengan 12 megapiksel. Kamera di iPhone 8 ini ditopang dengan sensor baru, filter warna baru, OIS dan piksel yang lebih tajam menjanjikan gambar yang lebih terang dan minim noise. iPhone 8 dklaim sebagai smartphone custome made untuk augmented reality.

Dual kamera terdapat diseri iPhone 8 Plus, dengan kombinasi masing-masing 12 megapiksel f/1.8 dan 12 megapiksel f/2.8 aperture, juga dengan OIS.  iPhone 8 dan iPhone Plus sudah didukung degan wireless charging. Dan yang tak kalah penting adalah punya kemampuan tahan air dan debu.

Nah untuk Anda yang kepincut salah satunya, bisa langsung mengunjungi pusat penjualan ponsel terddekat di kota Anda. (Dn/Udn)