pulsa-logo

Batal Rilis! Ponsel Lumia Murah ini Sedianya Jadi Cikal Bakal Ponsel Bezel-Less!


Galing

Selasa, 10 Oktober 2017 • 18:57

Microsoft Lumia 435, Ponsel Bezel-less, Ponsel Pintar Bezel-less, Ponsel Bezel Tipis


Foto: PhoneArenaFoto: PhoneArena

Pernahkah Anda perhatikan bahwa trend smartphone kekinian memiliki desain yang ramping dan tampil dengan bezel sangat tipis serta rasio layar yang sangat lapang? Tren ini ternyata bukan tergolong baru di dunia smartphone. Karena faktanya ternyata Microsoft pernah menggarap ponsel bezel-less sejak tahun 2014. Bisa dibilang, Microsoft sudah jauh-jauh hari mengadaptasi desain keren itu sejak lama.  

Hal ini diketahui pertama kali melalui pemberitaan pada sebuah artikel di Windows Central yang menyebutkan bahwa adaprototipe Lumia yang berbasis Windows Phone yang pernahdikerjakan Microsoft beberapa tahun yang lalu. Meski terlihat keren, sayangnya ponsel Lumia tersebut ternyata batal dirilis ke publik. Smartphone yang dinamakan Lumia 435 tidak jadi diluncurkan oleh Microsoft di sekitar tahun 2014. Entah apa alasan Microsoft akhirnya membatalkan peluncuran Lumia 435 tersebut.

Saat itu, Microsoft Lumia 435 rencananya akan dibanderol dengan harga sekitar USD$ 200 (sekitar Rp. 2,6 jutaan). Smartphone tersebut  awalnya dipersiapkan untuk membidik pasar low entry, dengan dibekali spesifikasi low end. Smartphone ini dibekali dengan layar 5 inci beresolusi  720p dengan bezels yang sangat tipis. Lebih tepatnya, bezel bagian bawah cukup lebar, namun bezels bagian atas dan samping sangat tipis untuk smartphone murah yang digarap di tahun 2014.

Microsoft Lumia 435 aka Vela menawarkan rasio layar ke bodi sebesar 79%, sedikit lebih tinggi dari pada Sharp Crystal Aquos yang diperkenalkan ditahun 2014 (ingat, Crystal Aquosadalah smartphone bezel-less pertama yang diluncurkan secara resmi di AS). Sebagai perbandingan, handset bezel-less sudah sangat umum sebagai trend smartphone kekinian- termasuk iPhone X, Samsung Galaxy Note 8, dan LG V30 – kesemuanya memiliki rasio layar ke bodi lebih dari80%.

Setelah berlalu bertahun-tahun kemudian sejak Microsoft  membatalkan produksi Lumia Vela, namun Microsoft tetap tidak memberikan konfirmasi mengapa mereka membatalkan merilis produk tersebut.

Namun jika Anda ingat, bukan kali itu saja Microsoft membatalkan peluncuran produknya. Microsoft pernah  beberapa kali membatalkan peluncuranperangkat mobile berbasis Windows dalam beberapa tahun terakhir, termasuk tablet Lumia McLaren, Lumia 960, dan Surface Mini. (Nariswari/Galing)

Sumber: PhoneArena