pulsa-logo

Layanan Unggulan 4G+ akan Menjangkau Seluruh Jaringan LTE Smartfren Tahun Ini


dian iskandar

Rabu, 11 Oktober 2017 • 09:12

Smartfren,andromax,andromax A2,Andromax M5,Andromax Prime


ilustrasiilustrasi

Keseriusan Smartfren dalam menggelar layanan 4G LTE nampaknya tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya jangkauan layanannya saja yang cukup luas, dari sisi dukungan teknologi Smartfren pun demikian.

Munir Syahda Pravowo, VP Technology Relations and Special Project Smartfren, menyatakan pada paruh pertama tahun ini pihaknya sudah bisa mendensifikasi (memadatkan) BTS yang lebih banyak ke tempat yang trafiknya sangat tinggi.

Smartfren sendiri sebagaimana diungkap Munir, dari sisi jangkauan layanan 4G LTE-nya hingga saat ini sudah mencapai 200 kota (besar) di seluruh Indonesia. Dia pun berharap sampai akhir tahun ini kota-kota tersebut bakal dilayani konektivitas 4G+.

"Nanti akan kita lihat di akhir 2017 seluruh kota-kota yang dilayani LTE kita sudah punya densifikasi yang kita kategorikan sebagai 4G+," tandas Munir. Mengenai teknologi 4G+, Munir menyatakan bahwa ini merupakan salah satu teknologi terakhir LTE yang bisa memberikan layanan data dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Berbekal teknologi ini, aktivitas seperti streaming video di Youtube diharapkan tidak akan lagi terjadi yang namanya buffering. Oleh karena hanya Smartfren saja yang mengadopsi standar teknologi TDD dan FDD, maka layanan 4G+ juga baru dimiliki operator ini.

"Jadi, (layanan) 4G+ itu karena suatu kota ada layanan yang kita sebut dengan TDD dan FDD. Ini adalah keunggulan dari Smartfren karena operator lain tidak memiliki TDD, kecuali Bolt!," tutupnya. (*)