Atrk
ads skin gagal

Oops...OnePlus Ketahuan Kumpulkan Data Pengguna Tanpa Izin!

  • Nariswari
  • Wednesday, 11 October 2017 09:47
  • Published in News

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan saat memilih perangkat pintar, adalah faktor keamanan data pengguna. Adalah mimpi buruk jika perangkat yang kita gunakan sehari-hari, dan kita menyimpan banyak data pribadi di dalamnya, ternyata diam-diam mengumpulkan data pribadi tentang pengguna. Dan ini ternyata terjadi pada OnePlus!

Foto: GizChinaFoto: GizChina

Pengamatteknologi dan blogger yang berdomisilidi Inggris, Chris Moore, melaporkan bahwa OnePlus diam-diam mengumpulkan data pengguna tanpa sepengetahuan pengguna.Menurut Moore, fitur keamanan baru seperti pemindai sidik jari, dan deteksi wajah dapat membantu menjaga agar ponsel dan file Anda tidak jatuh ke tangan yang salah, namun agak sulit mencegah produsen smartphone untuk mendapatkan data Anda. Vendor smartphone  bisa saja menginginkannya (walaupun mungkin akan menghadapi masalah hukum di kemudian hari) dengan menyimpan salinan sidik jari Anda di arsip, dan smartphone modern pun bahkan bisa  dengan mudah menyimpan data pengenalan wajah.

Menurut Chris Moore, perangkat OnePlus mencatat informasi dari smartphone yang kemudian dikirim ke server OnePlus di "open.oneplus.net". Data yang dikirim perangkat OnePlus meliputi:


-reboot timestamp

-screen on/off timestamp

-application timestamp

-Phone’s IMEI(s)

-phone numbers

-MAC addresses

-mobile network(s) names and IMSI prefixes

-wireless network ESSID and BSSID the phone’s serial number.

Smartphone OnePlus sama sekali tidak meminta izin ke pengguna untuk mengirimkan data ini ke server OnePlus, dan inilah yang menjadi perhatian bagi pengguna yang ingin membatasi data pribadi yang dikirim kemana-mana.

Sayangnya, sejauh ini OnePlus belum memberikan konfirmasi terkait tuduhan ini. Namun jika hal ini benar, tentu OnePlus menghadapi masalah besar terkait dengan kepercayaan konsumen. (Nariswari/Galing)

Sumber: GizChina

 

Rate this item
(0 votes)