pulsa-logo

Terkendala Teknologi, Apple Tidak akan Rilis Smart Glass AR Dalam Waktu Dekat


Galing

Rabu, 11 Oktober 2017 • 10:43

Smart Glass AR, Apple, Augmented Reality, Kacamata Pintar Apple


Foto: MacrumorsFoto: Macrumors

Ketika Apple menggarap teknologi pemindaian wajah 3D untuk fitur FaceID di iPhone X, banyak pihak yang kemudian memprediksi bahwa Apple bakal menggarap perangkat pintar terbaru yang didukung oleh teknologi canggih lainnya, seperti augmented reality (AR). Bahkan ada rumor yang menyebutkan bahwa Apple akan menggarap perangkat semacam smart glass berbasis AR. Benarkah demikian?

CEO Apple,Tim Cook dan beberapa pengembang aplikasi, baru-baru ini menghadiri wawancara dengan The Independent di mana Cook saat itu membahas augmented reality pada iPhone dan memberikan sedikit wawasan tentang rencana Apple untuk perangkat masa depan yang berpotensi memanfaatkan teknologi AR. Dan seputar kabar tentang  kacamata pintar berbasis AR.

Seperti biasa, Cook sebenarnya enggan dan menolak berkomentar mengenai produk yang sedang dikembangkan oleh Apple, namun ketika ditanya tentang topik tersebut, Cook mengatakan bahwa teknologi untuk menciptakan sepasang kacamata cerdas yang diperkuat secara  kualitas dan teknologi tinggi seperti AR belum mereka kembangkan dalam waktu dekat ini.

Cook mengatakan bahwa untuk menggarap smart glass berbasis AR membutuhkan dukungan pada teknologi layar, dan juga dukungan dari berbagai komponen yang cukup banyak, untuk mendukung pengalaman AR. Dan ini memang tantangan besar bagi Apple.

"Berbagai aspek perlu dipertimbangkan oleh kami dalam penggarapan perangkat  berbasis AR. Mulai dari  bidang pandang, spesifikasi, kualitas tampilan itu sendiri, dan itu semua belum ada dan belum siap pada masa sekarang ini."Ujar Cook.

Cook kemudian mengatakan bahwa Apple hanya akan mengirimkan produk yang terbaik, dan menegaskan bahwa pihaknya tidak peduli dengan klaim sebagai pengadopsi pertama teknologi terkini yang ada di pasaran. Karena fokus Apple adalah menyajikan produk yang terbaik dan memberikan konsumen pengalaman terbaik selama menggunakan perangkat Apple. Menurut Cook,  teknologi baru apa pun yang Anda lihat di pasar dalam waktu dekat ini belumlah tentu menjadi sesuatu yang akan memuaskan konsumen. Dan fokus Apple bukanlah mengejar teknologi terbaru, melainkan menyajikan produk yang berkualitas tinggi.

Desas-desus yang menyebutkan bahwa Apple tengah menggarap  sepasang kacamata cerdas yang diperkuat oleh teknologi AR, sempat diperkuat oleh beberapa bocoran gambar di Weibo yang memuat foto dari  prototype smart glass Apple tersebut. Namun berdasarkan pernyataan Cook hari ini (11/10) di wawancara dengan The Independent, mengisyaratkan bahwa produk augmented Reality(AR) masih membutuhkan waktu lama sebelum berhasil direalisasikan.


Informasi terbaru menyebutkan bahwa kacamata cerdas AR tersebut setidaknya satu tahun lagi atau lebih lama, baru akan diperkenalkan oleh Apple. Apple beralasan bahwa  mereka membutuhkan waktu lebih panjang untuk mengetahui "aplikasi yang paling menarik" yang kompatibel untuk headset AR.

Meski teknologinya masih sangat baru untuk saat ini,  namun Cook sepertinya memberikan harapan yang cukup cerah soal penggarapan teknologi AR di masa depan. Ia juga mengatakan bahwa Apple saat ini berfokus pada ARKit dan teknologi reality. Menurutnya, teknologi AR berpotensi sangat besar untuk dikembangkan di perangkat pintar Apple.  (Nariswari/Galing

Sumber: Macrumors