pulsa-logo

Agar Terpasang di iOS dan Android, Dana Sebesar Ini Harus Dibayarkan Google


Galing

Rabu, 11 Oktober 2017 • 13:30

Google Search


Saat mendapatkan perangkat baru, Anda mungkin tidak memikirkan aplikasi pra-instal yang tersedia. Terutama yang datang dari Google, karena Google membuat Android sendiri. Tentu saja aplikasi tersebut akan disertakan jika Google membuat sistem operasi.

Perusahaan induk Google Alphabet membayar miliaran dolar kepada mitranya untuk memastikan Google terus mempertahankan dominasi pencarian dan aplikasi pada platform tertentu. Apple menerima potongan besar untuk menjadikan Google sebagai mesin pencari default di Safari dan iOS, namun Google juga membayar produsen Android lainnya seperti Samsung dan LG untuk memastikan Google Search ada di setiap layar beranda perangkat Android yang mereka buat.

Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa selama setahun terakhir, Google telah membayar $ 7,2 miliar dolar dalam perjanjian ini, yang lebih dari tiga kali lipat dari biaya kesepakatan yang sama pada tahun 2012. Alasan kenaikan besar ini memang bersifat rahasia, namun analis meyakini bahwa Apple adalah vendor utama di balik sebagian besar kesepakatan senilai  3-4 miliar Dolar per tahun ini.

Saat ini, Google mewajibkan ponsel Android mana pun dengan Google Play terpasang untuk menyertakan rangkaian aplikasi Google yang diputar menurut kepentingan sang mesin pencari raksasa tersebut. Google menyatakan bahwa perusahaannya memasukkan kesepakatan tersebut dengan sukarela, namun otoritas anti-trust Eropa sedang menyelidiki apakah kesepakatan tersebut menyalahgunakan posisi Google di pasar. (Tary/Galing)

Sumber: Phandroid