pulsa-logo

Begini Cara Registrasi Kartu SIM yang Baru


Arief Burhanuddin

Rabu, 11 Oktober 2017 • 13:56

registarsi, resgitarsi sim card, registrasi prabayar, kominfo, rudiantara


 

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memberlakukan registrasi nomor pelanggan yang palidasi dengan Nomor Induk Kependudukan  mulai tanggal 31 Oktober 2017. Tak hanya pelanggan prabayar, pelanggan pascabayarpun diwajibkan untuk melakukan registrasi kembali. 

 

Model registrasi pelanggan yang baru ini akan menggunakan berbagai data kependudukan seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

 

Pelanggan akan dikirim SMS mengenai tata cara registrasi tersebut. Meski demikian, pelanggan juga bisa melakukan langkah-langkah registrasi sendiri melalui SMS yang dikirim ke nomor 4444.

 


Sebagai langkah awal, Anda harus  menyiapkan nomor induk kependudukan atau NIK yang valid.  NIK terdiri dari 16 digit angka. Jika valid, NIK tersbut pastinya sudah terdaftar di Dukcapil dan dapat dicek kebenarannya.

 

Selanjutnya, Anda juga harus menyiapkan nomot kartu keluarga atau KK. NIK Anda biasanya tercantum dalam lembar kartu keluarga. Nah, kartu keluarga tersbeut biasanya dibubuhi dengan nomor KK yang etrdiri dari 16 digit. Lagi-lagi nomro KK yang valid adalah yang bisa dicek melalui Dukcapil atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

 

Jika kedua nomor kependudukan tersebut sudah ada dan sudah dipersiapkan, segera kirim SMS ke no 4444 dengan format NIK#Nomor KK#. Sebagai contoh, Anda memasukkan NIK 1234567890123456 dan KK dengan nomor 0987654321234567, maka isi pesan SMS yang dikirimkan menjadi 1234567890123456#0987654321234567#

 

Lalu bagaimana jika nomor NIK dan KK tersebut tidak bisa palidasi oleh sistem?

 

jika data yang dimasukkan calon pelanggan dan pelanggan lama tidak dapat tervalidasi meskipun telah memasukan data yang sesuai dengan yang tertera pada KTP-el dan KK, maka pelanggan wajib mengisi Surat Pernyataan (sesuai lampiran pada Peraturan Menteri ini). Surat ini menyatakan bahwa seluruh data yang disampaikan adalah benar, sehingga calon pelanggan dan pelanggan lama prabayar bertanggung jawab atas seluruh akibat hukum yang ditimbulkan dan secara berkala melakukan registrasi ulang sampai berhasil tervalidasi. Setelah proses validasi, penyelenggara jasa telekomunikasi mengaktifkan nomor pelanggan paling lambat 1x24 jam.

 

    2018-08-16 07:54:07


    "Terima kasih Operator!"