Atrk
ads skin gagal

Gandeng LG Display, Apple Siap Bikin iPhone Layar Lipat?

  • Nariswari
  • Thursday, 12 October 2017 11:32
  • Published in News

Foto: GSMArenaFoto: GSMArena

Lahirnya iPhone X mungkin menjadi langkah maju Apple yang dinilai revolusioner dari segi desain smartphone. Namun Apple ternyata tidak berpuas diri dan berhenti di titik tersebut.  Apple masih memiliki banyak lompatan lebih besar yang diperkirakan akan hadir dalam tiga tahun lagi yakni di tahun 2020.

Sebuah informasi terbaru yang diperoleh dari media lokal di Korea Selatan menyebutkan bahwa Apple telah bekerja sama dengan LG Display untuk mengembangkan iPhone yang layarnya dapat dilipat (foldable design). Dan handset ini akan dirilis dan dijual pada tahun 2020.

Tidak hanya LG Display yang bekerja sama dengan Apple dalam proyek besar ini, namun beberapa komponen dan bagian pembuatannya melibatkan LG Innotek. Sehingga mereka  juga telah membentuk tim untuk mengembangkan papan sirkuit fleksibel yang diperlukan untuk membuat prototipe iPhone berlayar lipat dimaksud.

Menurut narasumber di industri LG Display menyebutkan bahwa LG Display akan membuat panel OLED yang bisa dilipat untuk iPhone 2020. LG kabarnya telah menyelesaikan prototipe pertamanya dua sampai tiga tahun yang lalu dan terus meningkatkan daya tahan dan tingkat kecepatan proses produksi perangkatnya.

iPhone X adalah perangkat mobile Apple pertama yang menggunakan panel OLED, namun dibuat oleh Samsung Display, yang merupakan pemasok utama saat ini dalam memproduksi layar smartphone menggunakan teknologi tersebut. Jadi cukup menarik jika kita melihat bahwa Apple belum beralih ke layar Samsung untuk penggarapan proyek iPhone dengan layar lipat tersebut, dan malah memilih LG Display.

Salah satu hal dikhawatirkan oleh Apple dengan tidak menunjuk Samsung sebagai pemasok layar untuk penggarapan iPhone berlayar lipat adalah karena kekhawatiran akan kebocoran teknologi ke Samsung Electronics. Perlu Anda ketahui bahwa Samsung mengharapkan handset dengan desain layar lipat pertamanya bisa diperkenalkan ke pasar ditahun depan. Jika jadwal waktu dan info dalam rumor tersebut cukup akurat, berarti Samsung akan melampaui jadwal Apple dalam memperkenalkan smartphone berlayar lipat.

Sementara itu, untuk memuluskan pasokan layarnya nanti, Apple telah menawarkan untuk berinvestasi langsung di pabrik LG Display  yang terletak di Paju, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan guna memastikan bahwa pasokan layar lipatnya terpenuhi dan tidak memiliki kendala. LG Display dan Apple telah dilaporkan mencapai kesepakatan mengenai investasi tersebut, namun rincian pastinya masih belum memasuki tahap akhir. (Nariswari/Galing

Sumber: GSMArena

Rate this item
(0 votes)