pulsa-logo

Siap Menyongsong 5G, Ini yang Dilakukan Smartfren


Fauzi

Jum'at, 13 Oktober 2017 • 15:31

Smartfren,5G


Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relation and Special Project SmartfrenMunir Syahda Prabowo, VP Technology Relation and Special Project Smartfren

Makin ke sini, perkembangan teknologi, khususnya di industri seluler bergerak sangat cepat. Setelah teknologi 4G, arah pembicaraan kini sudah mulai menyinggung ke teknologi berikutnya, yakni 5G.

Memang belum ada kepastian soal kapan teknologi generasi kelima itu bakal dimulai, namun sejumlah pihak sudah mulai ambil ancang-ancang guna menyongsong digelarnya teknologi tersebut. Seperti Smartfren, operator anak usaha Sinar Mas Grup ini menyatakan siap menggelar 5G setelah teknologi ini datang. Hal itu seperti diungkap Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relation and Special Project Smartfren dalam acara ‘Jelajah Banten Bersama Smartfren’ beberapa hari lalu.

Dalam rangka menyongsong 5G, setidaknya ada dua hal yang dipersiapkan Smartfren. Pertama, kata Munir, pihaknya telah menjadi satu-satunya (operator) yang sudah mencoba serta akan segera mengkomersiliasaikan teknologi Massive MIMO.

“Kita akan segera pasang (dikomersialkan) itu dalam waktu dekat. Itu sudah merupakan persiapan kita menyongsong 5G. Karena di 5G salah satu teknologinya adalah teknologi antena semuanya menggunakan Massive MIMO,” kata Munir.

Adapun yang kedua, Smartfren sebagaimana diungkap Munir telah menerapkan teknologi 4G yang paling mutakhir, yaitu dengan adanya dengan adanya 3CA dan 256-QAM. Teknologi ini (3CA dan 256-QAM, kata Munir merupakan teknologi tertinggi 4G saat ini, kemungkinan setelah ini langsung lompat ke 5G.

“Jadi, kita siapkan network kita, pokoknya begitu nanti 5G datang kita sudah ready,” tutup Munir.

    2018-12-14 08:33:06


    Ponsel 5G di 2019?

    2018-12-06 15:38:33


    Smartfren 4G LTE