pulsa-logo

Samsung Siap Gulirkan Update Bixby Pekan Ini?


Galing

Senin, 16 Oktober 2017 • 11:30


Foto: GizChinaFoto: GizChina

Asisten suara cerdas buatan Samsung yang pertama kali diperkenalkan pada peluncuran Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus ini sedianya akan menjadi fitur mutakhir dari kedua smartphone tercanggih besutan raksasa tknologi asal negeri ginseng tersebut. Namun sayangnya dalam perjalanannya, Bixby ternyata harus menemui jalan terjal karena banyaknya ganjalan teknis yang membuat manfaat penggunaannya baru dapat dirasakan sesudah dua bulan meluncur.

Pada hari Rabu, Samsung akan mengadakan konferensi pengembang tahunannya (Samsung Developers Conference –red) di San Francisco. Selama acara ini, raksasa teknologi Korea Selatan tersebut kabarnya akan mengumumkan pembaruan untuk Bixby yang disebut "Bixby 2.0" yang akan meningkatkan kemampuannya serta akses lebih banyak ke produk pihak ketiga dan perangkat non-smartphone.

Saat ini Samsung tengah menggarap speaker pintar Bixby yang merupakan salah satu dari perangkat non-smartphone utama yang akan mendapatkan dukungan dari asisten suara cerdas tersebut. Perangkat lainnya yang dikabarkan akan mendapatkan dukungan serupa diantaranya adalah peranti sandang seperti Gear S3, Gear Sport, Samsung Smart TV dll.

Sama seperti Amazon yang memiliki asisten Alexa, Samsung akan meluncurkan Bixby sebagai pilihan produk pihak ketiga yang akan mendampingi Google Assistant. Ini akan sama seperti HTC U11 dan smartphone Huawei Mate 9 yang memiliki fitur asisten suara Alexa sebagai pilihan pendamping Google Assistant.

Koh Dong-jin, kepala bisnis mobile Samsung mengatakan "Kami akan membuat bagian-bagian yang sebelumnya tidak ada di Bixby 1.0 dengan menggulirkan pembaruan Bixby 2.0 yang akan membuatnya jauh lebih lengkap." ... "Pengembang luar akan diberikan kesempatan untuk ikut berperan serta dalam pengembangan Bixby 2.0 meski pada Bixby 1.0 mereka tidak mendapatkan kesempatan serupa lantaran adanya keterbatasan waktu."

Meski begitu akan sulit bagi Bixby untuk mengalahkan jumlah pengguna asisten suara lainnya seperti Alexa, Siri, Google Assistant, dan Cortana lantaran posisi seluruh asisten suara tersebut yang sudah jauh berada di depan. (Tary/Galing)

Sumber: GizChina