pulsa-logo

Bawa Teknologi 5G Pertama di Dunia, Ini Dia Kelebihan Qualcomm Snapdragon X50


Galing

Selasa, 17 Oktober 2017 • 16:41

Qualcomm Snapdragon, Qualcomm Snapdragon X50, Qualcomm


Diantara banyaknya perusahaan yang bekerja pada teknologi 5G, Qualcomm hanyalah salah satunya.  Banyak orang mungkin berpikir bahwa penerapan teknologi 5G masih sangat jauh, namun nyatanya Qualcomm mengungkapkan bahwa tidak lama lagi smartphone berteknologi 5G akan berada di tangan konsumen.

Foto: AndroidHeadlinesFoto: AndroidHeadlines

Usaha Qualcomm tersebut disokong dengan dirancangnya Snapdragon X50. Ada banyak demo 5G dalam beberapa tahun terakhir di berbagai pameran dagang, misalnya Sprint yang menampilkan 5G di MWC. Namun sayangnya demo tersebut tidak menampilkan komponen dalam ukuran yang ramping untuk sampai pada kecepatan yang sesuai dengan standard teknologi 5G. Kabar baiknya, Qualcomm kini telah berhasil membuat komponen ramping berupa modem ringkas yang terintegrasi pada sebuah chipset yang dapat dibenamkan ke smartphone.

Modem Snapdragon X50 mampu menghadirkan kecepatan gigabit pada pita frekuensi radio 28GHz mmWave. Dengan melakukan ini, Qualcomm mempercepat 5G NR menjadi perangkat konsumen lebih cepat. Qualcomm juga telah meluncurkan perangkat referensi dengan modem Snapdragon X50 di dalamnya, dan tebal hanya sekitar 9mm, artinya berukuran hampir sama, hanya sedikit lebih tebal dari pada smartphone saat ini. Tujuan di balik Qualcomm yang mengembangkan perangkat referensi ini bukan untuk menjualnya ke konsumen pada 2017, namun untuk menguji konsumsi daya, kinerja dan aspek lain dari Snapdragon X50, sehingga ketika konsumen mendapatkan perangkat 5G yang kompatibel pada 2019, mereka diberi pengalaman hebat dengan kecepatan tinggi. Jika dibandingkan dengan perangkat 4G LTE seperti HTC Thunderbolt atau Motorola Droid Bionic, perangkat tersebut terkendala dengan buruknya masa pakai baterai. Dan hal tersebut diharapkan akan berhasil diatasi pada perangkat berteknologi 5G.

Selain menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat, 5G akan menggunakan band spektrum yang jauh lebih tinggi. Jika sebelumnya 4G LTE menggunakan spektrum lower band, hingga 3GHz. Kabarnya 5G akan menggunakan spektrum 28GHz, 29GHz dan lebih tinggi. Qualcomm dikabarkan juga tengah menyiapkan penggarapan Snapdragon X50 untuk smartphone yang akan mulai dipasarkan pada semester pertama tahun 2019. (Tary/Galing)

Sumber: AndroidHeadlines