pulsa-logo

Apa Bedanya Huawei Mate 10 vs Mate 10 Pro?


dian iskandar

Rabu, 18 Oktober 2017 • 14:21

Huawei,Huawei Mate 10,Huawei Mate 10 pro,pilihan editor,kamera terbaik,pesaing iphone 8


Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro, sumber: Pocket-link.comHuawei Mate 10 dan Mate 10 Pro, sumber: Pocket-link.com

Saat Anda ingin memutuskan untuk membeli sebuah smartphone, tentu Anda disodorkan oleh berbagai pilihan berdasarkan merek, warna hingga spesifikasi yang Anda butuhkan. Terlepas dari parameter harga dan desain, spesifikasi juga menjadi tolok ukur penting  yang kerap dijadikan pertimbangan konsumen sebelum membeli smartphone idaman.  

Anda pasti akan memilih smartphone terbaik berdasarkan parameter Anda, bukan?  Bisa jadi smartphone Anda adalah smartphone premium yang memiliki spesifikasi superior, atau bisa juga pertimbangan harga dan ketersediaan lebih penting bagi Anda.  Mana yang menjadi pilihan?

Seperti halnya smartphone Huawei  yang jajaran smartphone andalannya mayoritas adalah smartphone premium. Dan jelas, berada di puncak daftar keinginan konsumen rata-rata. Contoh paling aktual adalah duo smartphone paling gres yang dirilis oleh Huawei yakni  Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro.

Kedua smartphoneini dibangun untuk membidik segmen high-end yang sadar dengan pentingnya spesifikasi yang solid dan powerful. Kedua smartphone  Huawei tersebut  memang sangat kuat, memiliki kinerja yang stabil dan cepat terlebih  dengan baterai tahan lama serta fiturkamera yang menjanjikan. Terlebih lagikeduanya ... sangat mirip, tapi tidak begitu identik satu sama lain. Dalam arti kata, bahwa memang bukan kembar, karena ada perbedaan mendasar antara keduanya. 

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berencana ingin memiliki Huawei Mate 10 atauMate 10 Pro, dan sedang kebingungan untuk memilih mana di antara keduanya yang “paling pas” untuk Anda, kini kami rangkum  beberapa perbedaan penting  antara Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro. Mana yang lebih oke di mata Anda ya?

Dimensi dan Desain

Mate 10 Pro, sumber: TechadvisorMate 10 Pro, sumber: Techadvisor


Sejauh bicara soal desain, tidak dapat disangkal bahwa Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro berada dalam kategori yang sama. Keduanya memiliki desain casing  berbahan kaca , signature stripes, dan tata letak kamera yang apik. Tapi hanya Mate 10 Pro yang membangun desain layar dengan  rasio tampilan 18: 9 yang saat ini tengah populer, sementara Mate 10 masih mengadopsi  proporsi klasik  rasio layar 16: 9. Dalam istilah yang lebih sederhana, ini berarti Mate 10 Pro memiliki tampilan yang lebih tinggi namun lebih sempit - yang berpotensi memiliki kenyamanan yanglebih baik di genggaman  tangan Andadan lebih sesuai dengan pengalaman pengguna saat  menggunakan satu tangan di layar.

Satu lagi fitur layar  yang berkaitan dengan  resolusi. Pilihan yang membingungkan memang,  karena Huawei  Mate 10 mengemas lebih banyak piksel per inci pada layar 5,9 inci, yang berarti bahwa visual pada Mate 10 Pro mungkin tidak setajam Huawei Mate 10. Di sisi lain, Mate 10 Pro memiliki layar OLED, yang faktanya akan  menghadirkan gambar dengan  tingkat  kontras lebih besar dibandingkan dengan Mate 10 yang masih mengandalkan display LCD. Ya, kedua-duanya memiliki sisi kelebihan dan kekurangan kan?

Bicara soal dimensi, Huawei Mate 10 Pro memiliki besaran bodi 154x74,5x7,9mm dan bobot 178gram. Dimensi dan bobot ini lebih bongsor jika dibandingkan dengan Mate 10 yang memiliki dimensi 150,5x77,8x8,2mm dan bobot  186 gram.

Untuk pertama kalinya pada smartphone Huawei,  Huawei membekali  fitur  ketahanan (resistensi) terhadap  air dan debu yang dibisa ditemui di HuaweiMate 10 Pro. Dan inilah salah satu yang membedakan denganMate 10 yang  tidak memiliki fitur ketahanan  antiair. Huawei Mate 10 Pro  dibekali dengan sertifikasi IP67 anti debu dan air dan sanggup bertahan direndam dalam air di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Mate 10Mate 10

Di sisi desain lainnya, Huawei Mate 10tetap mempertahankan kehadiranjack headphone 3.5mm, sementara Mate 10 Pro telah mendukung port  audio USB Type-C.

Karena memiliki desain tubuh dan  layar yang lebih tinggi, Huawei telah memindahkan pemindai sidik jari  di Huawei Mate 10 Pro ke bagian belakang perangkat. Sementara  pada Mate 10 tetap  diletakkan di bawah layar.

Kedua smartphone sama-sama memiliki layar lapang. Namun Huawei Mate  10 Pro memiliki layar 6 inci (1,080x2,160 piksel) yang dilindungi oleh Corning Gorila Glass dengan tingkat kerapatan layar ~402 ppi density. Sedangkan Huawei Mate 10 dibekali dengan layar berukuran 5,9 inci (1,440x2,560 piksel) dengan dilindungi Corning Gorilla Glass dan memiliki kerapatan layar ~499 ppi density.

Pilihan RAM dan ROM

Parameter yang penting lainnya adalah spesifikasi  kunci di Huawei Mate 10 Pro dan Mate 10. Untuk kinerjanya, keduanya sama-sama mengandalkan processor  Kirin 970 SoC yang sama – yang merupakan chipset yang sangatkuat yang menampilkan unit pengolahan aplikasi yang stabil dan cepat. Selain itu, penggunaan Kirin 970 SoC sangat tepat karena menghadirkan perangkat yang lebihtanggap dan efisiensi daya yang jauh lebih baik.

Nah, perbedaan antara keduanya mulai tampak saat kita membahas RAM dan ROM.  Ketika sampai pada kapasitas memori dan penyimpanan, Huawei Mate 10 hadir dengan  komposisi RAM 4GB dan ROM64GB, dan mendukung ekspansi penyimpanan memori melalui  kartu microSD.  Sedangkan  Huawei Mate 10 Pro dilengkapi dengan RAM yang jauh lebih besar yakni RAM 6GB dan ROM 128GB, namun sayangnya tidak didukung  penyimpanan memori eksternal. Ya, mungkin  besarnya ROM  sudah dianggap mencukupi  sehingga  itulah alasan mengapa tidak ada slot kartu microSD di Huawei Mate 10 Pro.

Selain beberapa perbedaan tersebut, antara keduanya sama-sama  mendukung koneksi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, DLNA, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, A2DP, aptX, HD,LE, GPS with GPS, GLONASS dan BDS, NFC, dan Infrared.

Berbagai macam sensor pun memiliki kesamaan antara Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro antara lain Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass.  Dan kedua-duanya sama-sama dibekali dengan baterai non-removeable  Lithium Polymer 4,000mAh.

Pilihan Warna

Nah, perbedaan lainnya antara Huawei Mate 10 dengan Huawei Mate 10 Pro adalah pilihan warna perangkat. Huawei Mate 10 Pro tersedia dalam pilihan warna Midnight Blue, Titanium Gray, Mocha Brown, dan Pink Gold.  Sedangkan Huawei Mate 10 tersedia dalam pilihan warna Mocha Brown, Black, Champagne Gold, dan Pink Gold.

Harga Banderol

Dengan adanya beberapa perbedaan spesifikasi dan fitur di antara Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro, tentu berujung pada konsekwensi logis jika kemudian keduanya dibanderol dengan harga yang berbeda pula.   Adapun Huawei Mate 10 Pro dipatok dengan harga 800 Euro (setara dengan Rp. 12,6 jutaan), sedangkan Huawei Mate 10 dipatok dengan harga Rp. 11,2 jutaan).

Nah, itu dia beberapa perbedaan penting antara Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro, dan ternyata memang antara keduanya memiliki sisi kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun mana yang lebih baik, semua kembali pada pilihan Anda. (Nariswari)

Sumber: Phonearena & GSMArena