pulsa-logo

Berani Tantang iPhone 8, Ini Fitur Unik Huawei Mate 10 Pro


Hairuddin

Kamis, 19 Oktober 2017 • 08:01

Huawei, Anti Air, Mate 10 Pro, Dual Camera,


Huawei belum lama ini telah memperkenalkan smartphone premium terbarunya yang bertajuk Huawei Mate 10 Pro. Smartphone yang diklaim mampu melawan keperkasaan iPhone 8 dan Samsung Galaxy Note 8 ini hadir dengan beragam fitur apik yang tertanam didalamnya. Mulai dari desain  yang menawan, fitur fotografi yang apik serta fitur pendukung lainnya yang tak kalah heboh mulai dari kecerdasan buatan (Artificial Intellegent), baterai berkapasitas jumbo hingga dukungan OS paling terupdate.

Berikut PULSA rangkum fitur apa yang unik yang tertanam pada Huawei Mate Pro yang mampu menandingi keperkasaan smartphone flagship Apple dan Samsung.

1. Body Bongsor Plus Layar FHD+ 18:9

Kita mulai dari sisi desain, Huawei Mate 10 Pro hadir dengan balutan body berlapis kaca dibagian depan dan belakang yang dikombinasikan dengan frame metal. Tak hanya tampil menawan, Mate 10 Pro juga hadir dengan balutan layar yang kekinian, dimana perangkat ini dibekali dengan panel layar berukuran jumbo dengan dimensi 6.0 inci dan resolusi layar FHD+ (1080 x 2160 piksel) dan aspek rasio 18:9. Meskipun hadir dengan ukuran layar yang besar, namun perangkat ini memiliki tampilan layaknya smartphone berukuran 5.5 inci.

Teknologi layar yang ditanamkan juga terbilang apik yakni AMOLED yang sudah teruji kualitasnya yang mampu menghadirkan kualitas layar yang tajam dan jernih. Tak hanya itu, layar yang tertanam juga dibekali dengan teknologi HDR10 compliant yang memberikan pengalaman multimedia yang lebih menawan.

Yang cukup  menarik adalah, layar yang tertanam pada Mate 10 Pro hadir tanpa bezel disisi kiri dan kanan namun memiliki sedikit tepi diatas dan dibawah dimana Huawei menyebutnya sebagai “barely-there-bezel”.

Untuk sistem operasinya, Huawei Mate 10 Pro hadir dengan kustom UI EMUI 8.0 berbasis sistem operasi Android 8.0 Oreo. Kustom UI yang tertanam ini memiliki fitur Smart Screen yang baru dapat menjalankan dua aplikasi di smartphone  secara bersamaan atau mengubah smartphone menjadi PC.


2. Tahan Air dan Debu

Sebagai smartphone premium masa kini, Huawei membekali desain Mate 10 Pro dengan kemampuan tahan air dan debu bersertifikat IP67 serta mampu diajak menyelam hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Alhasil, perangkat ini tak  hanya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari namun bisa diajak bertualang juga. Memperkokoh tampilannya, Mate 10 Pro dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla yang memberikan perlindungan lebih terhadap goresan.

3. Kinerja Apik dengan Hisilicon Kirin 970

Jika saat ini sebagian orang mengenal chipset pada smartphone terdiri dari CPU dan GPU, pada Huawei Mate 10 Pro chipset ini ditambahkan dengan NPU (Neural Processing Unit). NPU pada Huawei Mate 10 Pro merupakan bagian dari chipset yang bertugas untuk melakukan komputasi AI dengan kecepatan yang lebih gesit dan tentu saja lebih baik. Menurut angka yang diberikan, NPU Kirin 970 memberikan kinerja 25 kali lebih cepat dibanding kinerja yang diberikan oleh CPU, dan efisiensinya pun meningkat hingga 50 kali lebih hemat. Singkat kata, tugas komputasi AI akan berjalan lebih cepat dengan konsumsi daya yang lebih hemat.

Kirin 970 yang dibangun TSMC adalah CPU 8-core dengan clockspeed hingga 2.4GHz yang terdiri dari inti 4 x Cortex A73 pada 2.4GHz + 4 x Cortex 53 pada 1.8GHz. chipset Ini memiliki GPU Mali G72MP12 12 inti, menjadikannya chip komersial pertama yang mengadopsi arsitekur ARM GPU yang terbaru. GPU dari Kirin 970 ini siap memberikan peningkatan kinerja 20% dari generasi sebelumnya dan juga peningkatan efisiensi sebesar 50%. NPU miliknya sanggup menjalankan 1,92 Teraflops saat menggunakan bilangan floating point 16-bit.

Dengan mengandalkan NPU - akselerator AI dari chipset Kirin 970 – yang juga memiliki tugas untuk mendeteksi tiap gerakan dan adegan secara real. AI juga meningkatkan zoom digital dan berfungsi untuk mendeteksi gerakan. Chipset ini juga mendukung kelola grafis Mali G72 MP12  (yang sekaligus menempatkan Huawei Mate 10 Pro sebagai smartphone pertama di pasaran yang menggunakan GPU jenis ini). Adapun ARM jenis ini menjanjikan peningkatan kinerja sebesar 40% dari GPU G71 yang dirilis sebelumnya. Bicara soal chipset Kirin 970, processor ini diproduksi melalui proses 10nm  yang akan semakin meningkatkan efisiensi daya processor.

Selain memiliki dukungan chipset yang mumpuni, Huawei Mate 10 Pro juga dibekali dengan dua versi RAM dan memory internal yakni 4GB RAM dikombinasikan dengan memory internal 64GB dan RAM 6GB yang didukung dengan memory internal 128GB. Sayangnya, perangkat ini tidak menyertakan slot kartu microSD untuk menambah daya simpan data perangkat.

4. Dual Kamera 20 MP mono + 12 MP RGB

Tak seperti lawan tandingnya, Huawei Mate 10 Pro dibekali dengan kamera yang dikembangkan bersama dengan Leica, dengan pengaturan kamera yang memiliki sensor warna beresolusi 12MP dan sensor monokrom 20MP. Selain itu, fitur kamera di smartphone ini dibekali dengan fitur Optical Image Stabilization dan keduanya memiliki aperture yang paling terang pada ponsel sekelasnya.  Namun, f/1.6  adalah perbaikan besar-besaran dibandingkan aperture f / 2.2 di Huawei Mate 9. Kamera di Huawei Mate 10 Pro juga digadang-gadang piawai dalam mengabadikan objek  mesti di  kondisi remang cahaya atau kondisi gelap.

5. Akses Jaringan 4G LTE Cat.18

Tak hanya handal dari sisi desain, SoC dan Fotografi, Huawei Mate 10 Pro juga dibekali dengan konektivitas yang lengkap dimana perangkat ini memiliki teknologi jaringan 4.5G Cat.18 LTE yang siap tawarkan kecepatan LTE hingga sebesar 1.2Gbps. Chipset ini juga dilengkapi dengan dual ISP canggih dengan deteksi wajah dan gerakan, 4-hybrid focus, pemotretan cahaya rendah dan gerakan cepat.

Tak hanya dibekali dengan koneksi jaringan internet berkecepatan tinggi, Huawei Mate 10 Pro juga  hadir dengan dukungan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac berfitur dual-band, DLNA, WiFi Direct dan WiFi hotspot. Tertanam pula dukungan Bluetooth 4.2, A2DP, aptX HD, LE plus port microUSB 2.0, Type-C 1.0.

6. Baterai Jumbo Plus Pengisian Baterai Cepat

Dibandingkan dengan pesaingnya, Huawei Mate 10 Pro memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih besar dengan kapasitas 4000 mAh. Apiknya lagi, kapasitas baterai yang tertanam dikombinasikan dengan fitur pengisian baterai cepat (Super Charge) yang diklaim mampu mengisi daya baterai 58%  hanya dalam waktu 38 menit saja.

7. Fitur pendukung lainnya

Hadir dengan beragam fitur premium, Huawei Mate 10 Pro juga dibekali berbagai fitur pendukung  untuk memaksimalkan penggunaannya mulai dari sensor pemindai sidik jari, NFC, serta kemampuan memutar video dengan berbagai format mulai dari  DivX, XviD, MP4, H.265 hingga WMV player.