pulsa-logo

Penuhi TKDN, Trio iPhone Terbaru Siap Masuk Indonesia?


Galing

Kamis, 19 Oktober 2017 • 16:17

Jadwal Rilis iPhone 8, Jadwal Rilis iPhone 8 Plus, Jadwal Rilis iPhone X, Tanggal Rilis iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X


Foto: AndroidAuthorityFoto: AndroidAuthority

Pada Bulan September lalu Apple telah mengumumkan tiga produk andalan terbarunya yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X (Ten -red) di beberapa Negara. Meski belum ada pernyataan resmi soal masuknya ketiga model iPhone tersebut ke Indonesia, namun kabar terbarunya tiga perangkat tersebut telah mendapatkan sertifikat TKDN.

Foto: KemenperinFoto: Kemenperin

Dalam daftar inventarisasi barang dan jasa dalam sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri ( TKDN) dengan nomor  353/ ILMATE/ TKDN/ 10/ 2017, perangkat bernama iPhone X atau (A1901) terlihat memiliki nilai TKDN sebesar 30 %. Sementara dua sertifikat TKDN lainnya yang juga sama-sama diterbitkan pada 13 Oktober 2017 juga menyebutkan bahwa iPhone 8 dan iPhone 8 Plus telah mendapatkan sertifikat yang sama.

Foto: KemenperinFoto: Kemenperin

Berdasarkan keputusan Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Kementerian Perindustrian (kemenperin) perangkat Apple telah memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebagai syarat ponsel 4G yang memasuki pasar Indonesia. 

Foto: KemenperinFoto: Kemenperin

Apple iPhone 8 dibekali layar LED backlit IPS siap manjakan pengguna dengan diagonal layar iPhone klasik berukuran 4,7 inci. Sementara model iPhone 8 Plus siap mengusung bentang layar 5,5 inci dengan jenis layar yang serupa. Kamera ganda berukuran 12 megapiksel jadi senjata iPhone 8 Plus untuk mengabadikan momen istimewa bersama kerabat atau sahabat. Adapun untuk iPhone 8, kemampuan fotografinya hanya disokong oleh kamera tunggal berkekuatan 12 megapiksel.


Beralih pada iPhone X, perangkat ini siap hadir dengan konsep bodi perangkat bezel-less dan tanpa tombol home. Bentang layar Super Amoled yang dibawa iPhone X memiliki ukuran 5,8 Inci. Aspek fotografi sang perangkat ditopang oleh kamera ganda 12 megapiksel yang  dibekali fitur dual OIS (optical image stabilization) pada kedua kameranya. Selain itu, fitur Potrait Lighting di kamera depan dapat membantu meningkatkan cahaya yang tampak pada subjek bidikan supaya terlihat lebih cerah alami.

Istimewanya lagi, iPhone X juga dilengkapi dengan fitur pembuatan emoji dengan berlandaskan ekspresi muka pengguna dan menerapkan atau mengadaptasikannya ke puluhan karakter emoji yang tersedia, dan tentu saja fitur ini tidak dimiliki oleh generasi pendahulunya.

Nah jika menilik urutan penjualan ketiga model iPhone paling gres tersebut di pasar Amerika Serikat, maka besar kemungkinan iPhone 8 dan 8 Plus akan dijual lebih dulu dibanding iPhone X. Meski sudah muncul di situs Kementerian Perindustrian, namun ketiga model iPhone tersebut memang belum terlihat pada daftar sertifikasi Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika.  (Tary/Galing)

Sumber: 1, 2, 3