pulsa-logo

Jalani Tes Ekstrem, Begini Kondisi LG V30 Setelah Disiksa


Galing

Kamis, 19 Oktober 2017 • 20:31

Tes Ekstrem, LG V30, Uji Ekstrem LG V30


Belum genap dua bulan (tepatnya tanggal 31 Agustus 2017) LG mengumumkan smartphone andalan terbarunya ke publik yakni LG V30 dalam sebuah acara yang digelar sehari sebelum perhelatan akbar IFA 2017 di Berlin, Jerman.

Foto: YouTube JerryRigEverythingFoto: YouTube JerryRigEverything

Smartphone yang dibanderol dengan harga USD$ 700 (setara dengan Rp. 9,4 jutaan) ini selain dibekali dengan seperangkat spesifikasi yang mumpuni dan menargetkan segmen high-end,  juga dibekali dengan berbagai fitur ketahanan air dan debu dengan sertifikasi IP68 yang menjamin LG V30 tetap oke mesti direndam dalam air sedalam 1,5 meter selama 30 menit. Layarnya yang berukuran 6 inci ini dilindungi dengan Corning Gorilla Glass yang membantunya untuk meminimalisir kerusakan dan goresan pada layar.

Dan yang lebih habatnya lagi, LG V30 dilengkapi dengan fitur perlindungan MIL-STD-810G. Apa pula MIL-STD-810G? MIL-STD-810G adalah serangkaian tes atau pengujian  yang dirancang dan dilakukan oleh standard  militer Amerika Serikatuntuk menguji batas ketahanan perangkat tertentu yang meliputi ketahanan dalam berbagai kondisi. Dimana diharapkan dapat digunakan (pada lingkungan) ekstrem atau  bisa menerima kondisi tertentu misalnya guncangan hebat, tekanan tertentu, hingga di suhu tertentu.  Pengujian dari MIL-STD-810G  bervariasi sesuai dengan sifat, ukuran dan berat peralatan yang diuji. Dan LG V30 memiliki fitur MIL-STD-810G ini. Keren kan?

Seorang YouTuber penguji gadget dengan nama channel JerryRigEverything  hari ini (19/10) mengunggah sebuah video ke YouTube di bawah judul “LG V30 Durability Test! – Scratch, Burn and Bend Test!”. Dalam video berdurasi 5:36 menit tersebut, penguji menggunakan beberapa alat bantu untuk “menyiksa” dan melakukan pengujian ekstrem ke LG V30.

Mula-mula penguji menunjukkan unit LG V30 dalam kondisi baru dari box yang masih tersegel. Kondisinya mulus, aktif, dan tidak ada kecacatan apapun pada bodinya. Ini dibuktikan dengan penguji men-swipe dan menggulir-gulirkan layar dengan mulus dan tidak ada kendala.

Pengujian pertama adalah Scratch Test. Di pengujian ekstrem ini, LG V30 digores dengan menggunakan obeng kembang size 2 yang tajam. Penguji memasang beberapa tingkatan ketahanan layar dengan angka 1 hingga 10. Dan di angka 6, layar sudah terlihat goresan-goresan yang sangat nyata. Siksaan belum berakhir, kali ini menggunakan pisau cutter yang sangat tajam. Penguji menggores-gores lubang speaker, lensa kamera, layar depan, hingga bagian bodi samping LG V30. Dan dari pengujian ini dapat diketahui bahwa kerusakan paling parah adalah saat penguji menggores-gores bagian panel sidik jari.  Panel langsung terkelupas, dan baret parah!

Lebih tragisnya lagi, kerusakan ini jadi berdampak sistemik. Pengguna akan mengalami kesulitan saat akan melakukan otentifikasi sidik jari lagi, karena sudah tidak sensitif lagi.


Pengujian berikutnya dalah dengan Burn Test. Sesuai namanya, LG V30 “disiksa” dengan layarnya dibakar dengan pemantik api gas selama beberapa detik. Sayangnya layar LCD IPS yang digunakan meninggalkan noda putih yang tidak dapat terhapus meski suhu layar telah kembali dingin.

Siksaan mengerikan berikutnya adalah Bend Test. Di mana penguji membengkokkan unit LG V30 dan melihat seberapa kuat ketahanan  bodi LG V30 tersebut. Sesaat setelah diuji Bend Test, unit LG V30 memang sempat nge-hang. Dengan layar utama menampilkan opsi untuk Restart, Power Off dan sebagainya. Namun beberapa detik kemudian kondisi mulai pulih kembali, dan layar menampilkan Homescreen seperti biasanya. (Nariswari/Galing)

Sumber: YouTube