pulsa-logo

Direndam di Cairan Soda Selama Sepekan, Bagaimana Nasib iPhone 8?


Galing

Kamis, 19 Oktober 2017 • 20:49

Tes Ekstrem iPhone 8, Uji Ekstrem iPhone 8, iPhone 8


Foto: GizmoChinaFoto: GizmoChina

Sejak kurang lebih sebulan dirilis ke publik (tepatnya 12 September lalu) di Special Event yang berlangsung di Steve Jobs Arena, iPhone 8 menjadi salah satu generasi terbaru iPhone yang paling mutakhir dan canggih. Bagaimana tidak, perangkat ini mengandalkan chip terbaru A11 dengan 6 Core. Apple menyebutnya sebagai chip terkuat yang belum pernah ada sebelumnya.

Apple memilih bahan untuk bodi di iPhone 8 yang berupa keramik putih, kaca, logam, dan beberapa bahan chassis lainnya. Smartphone terbaru Apple ini membawa tampilan layar dengan diagonal seluas 5,8 inci pada sebuah panel berjenis OLED. Kabarnya, ketebalan bezel miliknya begitu tipis dengan ukuran hanya 4mm.

Bezel atas sedikit tebal karena menampung semua sensor dan kamera selfie. Bezel berbentuk-u di bagian atas dan bagian yang tersisa hadir di sisi kiri dan kanannya adalah panel OLED aktif yang menunjukkan informasi seperti baterai, dan jaringan.

iPhone 8 juga dibekali dengan fitur ketahanan air dan debu yang  dibuktikan dengan sertifikasi IP67 yang membuatnya sanggup bertahan di dalam air pada kedalaman 1 meter selama 30 menit. Selain itu, layar iPhone 8 juga dilindungi oleh Oleophobic coating yang menjadikannya tetap “bersih” dan tidak meninggalkan jejak sidik jari dan mudah kotor. Sementara Ion-strengthened glass pada layarnya memberikan proteksi atas risiko kerusakan atau keretakan.

Foto: YouTubeFoto: YouTube

Nah, dari sekian banyak fitur ketahanan dan proteksi yang disematkan di iPhone 8, sebenarnya seberapa kuat melindungi smartphone Apple tersebut? Benarkah memang secara efektif melindungi iPhone 8? Bagaimana kini jika iPhone diujicoba dengan serangkaian pengujian ekstrem seperti yang dilakukan oleh gadget reviewer Techrax yang “menyiksa” iPhone 8 dengan merendamnya di Coca Cola selama seminggu penuh. Apakah iPhone 8 tersebut masih sanggup bertahan dengan mengandalkan sertifikasi IP67 yang dimilikinya?

Dalam video berjudul “iPhone 8 in Coca Cola for 7 Days – Will it Survive?” yang diunggah ke YouTube tersebut si penguji menyiapkan wadah plastik transparan berbentuk persegi empat, satu botol Coca Cola 1 liter dan satu unit iPhone 8 yang masih aktif, dalam kondisi bagus dan mulus. Ini dibuktikan oleh si penguji dengan membuka dan menggulir-gulirkan tiap halaman di layar iPhone 8.


iPhone lalu diletakkan di dalam wadah pada kondisi layar menghadap ke atas dan layar aktif. Penguji lantas menuangkan Coca Cola ke wadah hingga ¾ penuh sambil memastikan bahwa unit iPhone 8 tersebut benar-benar terendam. Wadah lantas ditutup dengan plastic dan mengikatnya erat dengan karet untuk mempertahankan tingkat kelembaban di dalam wadah serta mencegah cairan Coca Cola mengalami penguapan.

Satu hari, dua hari, hingga hari keempat mulai muncul gelembung-gelembung kecil di sekitar bodi iPhone 8. Namun iPhone 8 masih dalam kondisi baik-baik saja. Hingga tenggat seminggu penuh akhirnya si penguji mengangkat unit iPhone 8 tersebut dan mengecek apakah unit iPhone 8 tersebut tidak mengalami kerusakan. Dan ternyata…..iPhone 8 masih dalam kondisi yang sangat prima!

iPhone 8 lantas digulir-gulirkan serta layarnya digesek atau swipe ke samping kiri dan kanan. Namun hebatnya perangkat tersebut sama sekali tidak menunjukkan tanda adanya kerusakan. Padahal jika dilihat oleh kasat mata, iPhone 8 memiliki beberapa port yang terbuka seperti lubang speaker, lubang mic, dan port Lightning. (Nariswari/Galing)

Sumber: YouTube