pulsa-logo

Bocor! Hasil Foto Ini Tunjukan Kecanggihan Kamera OPPO F5


Hairuddin

Jum'at, 20 Oktober 2017 • 07:42

OPPO, OPPO F5, A.I, Dual Camera, Selfie, Selfie Expert


Jelang peluncuran yang kian dekat, bocoran seputar perangkat baru OPPO F5 pun kian santer. Baru-baru ini, sebuah foto yang disinyalir sebagai hasil jepretan kamera depan OPPO F5 bocor. Hasil foto selfie tersebut terlihat agak berbeda dengan yang biasanya. Kemungkinan besar, inilah buktinyata fitur A.I Beauty Recognition Technology.

Teknologi terbaru yang ditanamkan ke kamera depan F5 ini  akan mengenali secara detail jenis dan warna kulit, jenis kelamin dan juga usia dari subjek foto. Nantinya hasil analisa perangkat lunak ini dihubungkan dengan database foto secara global. Database ini merupakan kumpulan algoritma yang diciptakan oleh R&D OPPO berdasarkan feedback konsumen dan saran dari ahli.  Database ini nantinya digunakan sebagai referensi untuk dapat menghasilkan foto selfie menjadi jauh lebih nyata dan tampak sangat natural.

Melalui foto yang bocor, terlihat bahwa F5 melakukan pendekatan yang berbeda pada foto pria dan wanita. Pada pria tampak ciri khas wajah seorang pria dengan kumis halus yang masih terlihat jelas dan kantung mata yang terekam jelas. Sementara itu A.I Beauty Recognition Technology juga dapat membedakan warna kulita pria dan wanita pada foto. Kecerdasan buatan ini juga dapat mengaplikasikan hasil yang berbeda antara pria dan wanita walapun berada dalam satu frame.

“OPPO F5 akan hadir dengan A.I Beauty Recognition, seperti pada foto kecerdasan buatan ini bisa membedakan 2 subyek berbeda walau dalam satu frame, pendekatan hasil pun berbeda foto pria pada gambar masih tampak menonjolkan ciri khas seorang pria, ini lompatan besar yang dilakukan OPPO”, ujar Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesiaa via pesan singkat ke redaksi PULSA.

Ini merupakan jawaban OPPO atas maraknya perangkat lunak percantik wajah yang selalu menerapkan pendekatan yang sama pada subjek foto tanpa mempertimbangkan usia, kelamin, kulit dan subjek foto yang berpasangan. Selain itu dari exif foto terlihat ukuran gambar 5184 x 3880 pixel, jika dikalikan diperkirakan F5 akan mengusung kamera depan 20 megapixel. Untuk yang masih penasaran, tunggu rilis resminya November nanti.