pulsa-logo

Always Connected PC: Seperti Smartphone, Komputer Juga Bakal Selalu Terhubung


Kurdi

Jum'at, 20 Oktober 2017 • 13:21

Connected PC, Seperti Smartphone, Komputer,napdragon 400 dan Qualcomm Snapdragon Wear 2100,CSR102X, Snapdragon 636


Lini produk Snapdragon mungkin lebih terkenal dibanding perusahaan induknya sendiri, Qualcomm. Bisa jadi karena chipset Snapdragon (Qualcomm lebih senang menyebutnya dengan mobile platform) banyak  disebut dalam spesifikasi smartphone saat ini.

Namun, tahukan Anda bahwa Qualcomm juga punya chipset yang bisa digunakan untuk laptop?

Sebuah purwarupa SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon berarsitekstur ARM dengan basis Snapdragon 835 telah diperkenalkan April lalu. Sebulan setelahnya, sistem ini sudah majang di pameran Computex Taipei.

Kabarnya, vendor seperti ASUS, HP, dan Lenovo sudah tertarik untuk memproduksi laptop 'rasa' Qualcomm ini.

Lalu, apa yang ditawarkan oleh Qualcomm dengan platform Mobile PCnya?

User Experience



Shannedy Ong, Country Head Qualcomm Indonesia

Shannedy Ong, Country Head Qualcomm Indonesia mengatakan bahwa konsumen membutuhkan sebuah komputer yang menawarkan user experience yang menarik.

“Beberapa waktu lalu, Kami menguji purwarupa mobile PC Snapdragon dengan melakukan streaming video tanpa henti. Hasilnya, mobile PC Snapdragon ini mampu bertahan selama 20 jam, sungguh luar biasa,” Kato Shannedy.

Qualcomm mengatakan bahwa PC yang dibangun dengan menggunakan chip baru ini akan menawarkan masa pakai baterai hingga 50 persen lebih banyak daripada sistem x86, dengan waktu siaga empat sampai lima kali lebih lama.

Desain lebih Ringkas

Purwarupa motherboard Snapdragon 835 untuk PC yang berarsitekstur ARM dan sudah dipamerkan beberapa waktu lalu hanya berukuran 50,4 sentimeter persegi. Seedangkan jenis materhboard dengan arsitekstur x84 yang biasa digunakan saat ini bis amemakan tempat hingga 98,1 sentimeter persegi. Ini berarti, implementasi Snapdragon di mobile pC akan menghemat ruang hampir setengahnya.

Dengan demikian, produsen laptop bisa berharap bahwa produknya bisa tampil lebih ringkas, tipis, dan ringan.

“Selain memiliki daya tahan  baterai yang sangat lama, mobile PC Snapdragon juga menawarkan desain yang lebih ringkas, slim dan ringan,” Kata Shannedy.

Dengan dukungan Windows 10, pengguna akan merasakan pengalaman penuh menggunakan sebuah PC dengan segala macam aplikasi yang kompatibel di dalamnya.

Konektivitas yang “Always On”

Satu keuntungan lain jika benar-benar mobile PC Snapdragon ini diproduksi adalah soal konekivitasnya yang “Always on”

Platform mobile pC Snapdragon ini bakal dibekali dengan modem X16 yang sudah mendukung koneksi gigabit LTE atau setara 5G.

Mereka akan menggunakan fitur “connected standby” yang sudah ditemukan di beberapa PC Windows-yang memungkinkan sistem melakukan hal-hal secara online seperti sinkronisasi email dan menerima notifikasi, bahkan jika PC berada dalam mode "sleep" .

Dengan SoC Snapdragon di dalam PC, Anda tidak lagi mencari-cari koneksi Wi-Fi hanya untuk sekedar menerima e-mail terbaru dan atau melihat update di Twitter. Sebagai gantinya, Anda bisa online dimanapun melalui konektivitas seluler. Modem X16 mendukung koneksi LTE gigabit juga. Jadi selama operator jaringan Anda bersikap kooperatif maka koneksi mobile di sangat bisa diandalkan.

Sasaran

Don McGuire, Vice President, Product Marketing Qualcomm Technologies Inc menyatakan bahwa hingga 5 tahun ke depan, bakal ada kurang lebih 1 miliar orang yang akan pertama kali terhubung ke internet.

“Kebanyakan mereka akan terhubung melalui perangkat seluler, smartphone,” Imbuh McGuire. “Kami menawarkan mobile PC sebagai alternatif, untuk memperkaya pilihan kepada mereka. Kehadiran mobile PC kami diharaokan juga mendorong pertumbuhan pangsa pasar mobile PC,” Lanjuta McGuire

Shannedy Ong sendiri menampik bahwa mobile PC yang Qualcomm kembangkan saat ini merupakan ‘spesies’ baru. Ia menganggap bahwa mobile PCnya merupakan hasil evolusi dari mobile PC yang telah ada. Dengan demikian, platform yang ditawarkan oleh Qualcomm ini memang menyasar orang-orang yang ingin selalu terhubung dengan internet, dan emnjadi alternatif selain smartphone. Pun, produk ini diharapkan akan memberikan pengalaman yang lebih menarik untuk penggunanya dan menambah variasi produk laptop atau mobile PC yang sudah ada di pasaran.