pulsa-logo

Google Siapkan Halaman Khusus Instant Apps di Play Store


Galing

Jum'at, 20 Oktober 2017 • 13:48

Instant Apps di Android


Semakin banyaknya aplikasi yang tersedia di Android, membuat pengguna memiliki banyak pilihan. Demi memudahkan pengguna, Google Play kini tawarkan pengujian penggunaan aplikasi sebelum instalasi dilakukan. Fitur yang disebut sebagai Instant Apps ini sebetulnya telah lama diungkap oleh Google pada Google I/O Developer Conference yang diadakan tahun lalu.

Foto: Google PlayFoto: Google Play

Nah Google sekarang mulai menggulirkan pilihan tersebut ke Play Store dengan menghadirkan halaman khusus yang memuat seluruh aplikasi yang mendukung fitur Instant Apps. Artinya kini pengguna memiliki kesempatan untuk mencoba aplikasi tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Sayangnya hingga kini hanya beberapa aplikasi yang secara eksplisit masuk dalam kategori Instant Apps.

Google juga merombak Play Game dengan turut menyertakan video trailer serta kategori baru game premium berbayar dan game baru. Halaman “Editor’s Choice” kini juga tampil lebih segar yang saat ini baru bisa dinikmati oleh pengguna di 17 negara di seluruh dunia.

Sementara itu Google telah menerapkan pula kebijakan bagi hasil baru yang kini memungkinkan pengembang mendapatkan jatah hingga 85% atas uang langganan game yang dibayarkan oleh para pemain yang telah berlangganan lebih dari setahun. Sedangkan bagi pemain yang berlangganan kurang dari setahun, Google akan memberikan jatah hingga 70% kepada pengembang. Tidak cuma game, aplikasi berbayar lainnya juga akan mendapatkan perlakuan serupa dari Google.

Terkait hal ini, Apple sebelumnya telah mengambil kebijakan serupa pada tahun lalu yang juga memberikan jatah pembagian kepada pengembang dengan persentase hingga 85% dari uang langganan yang mengalir dari kantong pengguna aplikasi atau gamers yang telah berlangganan selama lebih dari satu tahun. Seperti sudah banyak diberitakan, Google dan Apple selama ini menerapkan skema bagi hasil 70:30 pada aplikasi dan game berbayar dengan nilai persentase yang lebih besar akan mereka berikan kepada pengembang. (Galing)

Sumber: 1, 2, 3