pulsa-logo

Intel: Market PC Gaming di Indonesia Masih Sangat Rendah


Fauzi

Jum'at, 20 Oktober 2017 • 22:30


PC Gaming nampaknya tengah meningkat pamornya, bila dibanding dengan PC umumnya. Bagaimana tidak, hampir seluruh brand PC atau notebook kini telah merangsek ke segmen ini dengan produk andalannya. Hal ini nampaknya wajar mengingat pertumbuhan dan potensi segmen PC gaming yang disebut tengah dalam mengalami tren peningkatan.

Sebagaimana diungkap Acer Consumers Lead of Intel Asia Pacific Japan, Yohan Wijaya, pertumbuhan PC gaming sungguh luar biasa. 

“Kalau industri PC secara keseluruhan itu kurang lebih stabil, tapi kalau kita lihat segmen gaming ternyata tumbuhnya sangat pesat. Data internal kami dari 2015 ke 2016 itu tumbuh 57% dari tahun ke tahun. Tahun 2017 kita percaya tumbuh lebih tinggi lagi,” ujar Yohan.

Adapun bila membahas potensi bisnis PC Gaming, khususnya di Indonesia disebut bakal bisa tumbuh jauh lebih tinggi.

Saat ini, menurut Yohan, segmen PC gaming di Indonesia memang sudah mengalami pertumbuhan, tapi belum sebesar yang diharapkan. Ambil contoh di Cina, menurut Yohan di negara ini segmen gaming-nya sudah mencapai angka 17 persen. Sementara di Indonesia atau di negara Asia Pacifik rata-rata masih di angka 4%.

“Jadi, marketnya masih sangat rendah, tapi juga artinya masih bisa tumbuh ke angka yang jauh lebih tinggi. Dari 4% ke 17% tentu harusnya bisa. Acer dan Intel tentunya akan menggarap market ini,” tutupnya.