pulsa-logo

Apa Jadinya Jika iPhone 8 Digoreng? Yuk Lihat Videonya


Fauzi

Senin, 23 Oktober 2017 • 11:06

iPhone 8


Ada-ada saja yang dilakukan orang di luar sana untuk menguji ketahanan sebuah ponsel. Seperti yang dilakukan oleh seseorang dalam video yang tersaji berikut ini. Demi membuktikan seberapa tahun iPhone 8 bila diuji secara ekstrem, pria dalam video tersebut menggoreng smartphone yang baru dirilis Apple itu.

iPhone 8 memang menjadi salah satu generasi terbaru iPhone yang tergolong canggih dan kokoh. Tak hanya dibekali dengan spesifikasi internal yang bertenaga, iPhone 8 juga dibekali dengan berbagai fitur ketahanan yang mumpuni. Apple memilih bahan untuk bodi di iPhone 8 yang berupa keramik putih, kaca, logam, dan beberapa bahan chassis lainnya yang terkenal tangguh dan sangat kokoh.

iPhone 8 juga dibekali dengan fitur ketahanan air dan debu yang  dibuktikan dengan sertifikasi IP67 yang membuatnya sanggup bertahan di dalam air pada kedalaman 1 meter selama 30 menit. Selain itu, layar iPhone 8 juga dilindungi oleh Oleophobic coating yang menjadikannya tetap bersih dan tidak meninggalkan jejak sidik jari dan mudah kotor. Sementara Ion-strengthened glass pada layarnya memberikan proteksi atas risiko kerusakan atau keretakan. Lalu apa jadinya ya, jika iPhone 8 ini digoreng  di penggorengan dengan minyak mendidih, layaknya pisang goreng?

Sanggupkah iPhone generasi terbaru Apple ini akan untuk bertahan?

Berikut video oleh GizmoSlip ke YouTube dengan judul “What happens when you deep fat fry  iPhone 8?”

Video berdurasi 6:40 menit tersebut secara eksplisit menggambarkan “penyiksaan”  ekstrem pada iPhone 8 dengan cara menggoreng.


Video dimulai saat penguji menggambarkan suasana berkemah outdoor, lengkap dengan mobil caravan dan api unggun untuk memasak. Si penguji lalu mengeluarkan satu unit iPhone 8 yang masih gres, mulus dan tidak mengalami kecacatan yang dibuktikan dengan menggulir-gulirkan halaman di layar iPhone 8. Lalu si penguji menyiapkan wajan Teflon, kompor dan minyak untuk menggoreng. Lalu disiapkannya bahan-bahan untuk memasak ayam panir, seperti ayam, tepung panir dan telur, dan unit iPhone 8! Sama seperti ayam yang dilumuri telur dan tepung panir, iPhone 8 juga dilumuri telur dan tepung panir sebelum digoreng di minyak mendidih.

Dan bagian paling menengangkan pun dimulai. Si penguji akhirnya mencelupkan iPhone 8 ke minyak panas, dan mulai menggorengnya. Posisi iPhone 8 dalam kondisi terlentang (layar berada di atas), dan unit tersebut digoreng dalam kondisi layar menyala/ aktif. Lalu pada detik ke-18, layar iPhone 8 kemudian mati, gelap total. Si penguji kemudian mengangkat unit iPhone 8 tersebut, dan di layarnya tertera notifikasi bahwa  suhu di sekitar  unit iPhone 8 terlalu panas.

Lalu si penguji kemudian membiarkan suhu iPhone 8 kembali normal, dan layar pun kembali memunculkan homescreen seperti semula.

Tapi “siksaan” belum berhenti di situ, GizmoSlip kembali melakukan percobaan kedua yang jauh lebih ekstrem , yakni  untuk mengetahui seberapa lama unit iPhone 8 sangguhp bertahan dari proses penggorengan di minyak panas.

Setelah suhu stabil dan unit iPhone 8 tersebut baik-baik saja, si penguji kembali merendam unit iPhone 8 ke minyak mendidih dan menggorengnya di atas api. Kejadian naas mulai tampak di menit 02:10, yang di mana unit iPhone 8 mulai mengeluarkan asap putih tebal, berbau menyengat dan bagian sisi-sisinya mulai melengkung dan terdapat celah yang besar. Sangat ngeri jika melihat komponen baterai di iPhone 8 ini siap-siap untuk meledak, bukan?

Namun untungnya, si penguji dengan sigap mengangkat iPhone 8 dari penggorengan dan menunjukkan bagian dalamnya yang terlihat rusak parah. Kerusakan paling nyata adalah pada komponen baterai yang sebagian hangus, layar, dan bodi.

Sumber: Youtube