pulsa-logo

Atasi Celah Keamanan, Google Play Siapkan Imbalan Dana Hingga 1000 USD!


Galing

Senin, 23 Oktober 2017 • 11:49

Google Play


Foto: GoogleFoto: Google

Google memperkenalkan program baru untuk mengatasi celah keamanan pada aplikasi pihak ketiga yang ada di Play Store. Program bernama Google Play Security Reward Program tersebut nantinya akan mengganjar peretas yang berhasil menemukan masalah keamanan pada aplikasi yang terdapat di toko aplikasi Android tersebut.

Guna merealisasikan program berkenaan, pembesut raksasa platform mobile dunia tersebut lantas mengajak HackerOne yang merupakan platform tempat berkumpulnya para peretas yang menaruh minat dalam upaya memburu serta mengenali kelemahan atau celah keamanan pada sebuah aplikasi atau software untuk kemudian dilaporkan kepada pengembang dengan tujuan memperoleh imbalan.

Menurut HackerOne, para peretas nantinya akan berusaha menemukan celah atau kerentanan keamanan dari aplikasi-aplikasi yang ada. Selanjutnya informasi tersebut akan mereka laporkan kepada pengembang supaya dapat ditindaklanjuti. Menariknya, baik para peretas maupun para pengembang nantinya akan saling bekerja sama untuk menemukan solusi dari permasalahan keamanan yang ditemukan dalam jangka waktu 90 hari.

Pihak peretas yang berhasil menemukan celah keamanan yang memenuhi kriteria penilaian dari Google nantinya dijanjikan akan mendapatkan imbalan dana hingga sebesar 1000 USD atau setara dengan Rp. 13,5 juta. Namun perlu diperhatikan pula hanya aplikasi buatan pengembang yang telah bekerja sama saja yang nantinya akan memenuhi syarat untuk mengikuti program ini. Seperti PULSA kutip dari CNET, saat ini pihak pengembang yang telah mengikuti program ini adalah Alibaba, Dropbox, Duolingo, Headspace, Line, Mail.ru, Snapchat, dan Tinder. (Galing)

Sumber: 1, 2