Atrk
ads skin gagal

Inovasi Qualcomm Terbaru, Dari Koneksi 5G, Chipset, Hingga Mobil Pintar

Platform mobile PC bukanlah satu-satunya pengembangan Qualcomm Snapdragon. Di acara Qualcomm 4G/5G Summit di Hongkong 16-18 Oktober lalu, mereka memperkenalkan berbagai inovasi teknologi yang sudah dan akan mereka kembangkan.

Koneksi data 5G dengan chip modem 5G Qualcomm® Snapdragon X50 5G NR untuk perangkat mobile pertama di dunia.

Modemx50 Images Data 2017 Oktober Thumb Other400 0

Chipset modem 5G Qualcomm® SnapdragonTM menyediakan kecepatan gigabit dan koneksi data pada pita frekuensi radio 28GHz mmWave, yang menghadirkan generasi baru teknologi seluler seraya mempercepat kehadiran perangkat yang mendukung 5G NR kepada konsumen. Selain itu, Qualcomm Technologies juga memberikan preview dari acuan desain smartphone 5G pertamanya untuk pengujian dan optimasi teknologi 5G di dalam batasan-batasan daya dan bentuk smartphone.

Chipset Snapdragon 636

Sd636 Images Data 2017 Oktober Thumb Other400 0                                             Kedar Kondap, wakil presiden, manajemen produk, Qualcomm Technologies, Inc memperkenalkan chipset Snapdragon 636

Di ajang ini, Qualcomm memperkenalkan chipset terbarunya yaitu Snapdragon 636 yang dirancang untuk memberikan peningkatan pada kinerja perangkat, teknologi gaming dan display yang lebih maju dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon 630.

Snapdragon 636 mengusung CPU Qualcomm® KyroTM 260, yang diklaim memberikan 40% peningkatan kinerja perangkat dibandingkan dengan Snapdragon 630. Snapdragon 636 juga hadir dengan dukungan layar modern ultra-wide FHD+ dan Assertive Display, yang mengoptimasikan visibilitas layar di segala kondis pencahayaan. Fitur Qualcomm® TruPaletteTM dan Qualcomm® EcoPixTM yang terintegarsi dengan Adreno Visual Processing Subsystem digunakan untuk menyokong pengalaman tampilan layar ponsel yang lebih baik.

Dengan menggunakan GPU Qualcomm® AdrenoTM 509, performa gaming dan browsing 636 meningkat sebesar 10 persen dibandingkan generasi sebelumnya, menunjang pengalaman gaming yang lebih baik dengan visual yang menyerupai realitas dan secara efisien menghasilkan grafik 3D yang canggih.

Snapdragon 636 Mobile Platform menggunakan proses 14nm FinFet dan memiliki peranti lunak dan soket elektronik yang kompatibel dengan Snapdragon 660 dan 630 Mobile Platform, memungkinkan pembuat ponsel (OEM) yang sudah menggunakan kedua platform tersebut dapat dengan mudah mengimplementasi Snapdragon 636 di perangkat mereka selanjutnya secara cepat dan efisien.

Snapdragon 636 Mobil Platform juga didukung dengan modem Snapdragon X12 LTE dengan kecepatan unduh tertinggi secepat 600 Mbps sehingga operator dapat menyediakan kecepatan unduh super cepat kepada konsumen.

Chip Qualcomm SpectraTM ISP 160 14-bit yang terintegrasi  mendukung kamera hingga 24 megapiksel dengan zero shutter lag dan menunjang smooth zoom, autofocus cepat, dan warna-warna objek seperti aslinya untuk kualitas foto lebih bagus. Chip Qualcomm AqsticTM audio codec mendukung Hi-Fi audio on the go, dengan dukungan hingga 192kHz/24 bit dan kemampuan untuk melakukan playback lossless file audio dengan distorsi rendah dan high dynamic range.

Otomotif

Di bidang otomotif, Qualcomm juga tak mau ketinggalan. Dalam pandangan mereka, kendaraan di masa depan akan mencakup 4 aspek yaitu swakemudi (mobil yang bisa beroperasi sendiri), saling terkoneksi, dapat dipersonalisasi dengan mudah, dan efisien.
Dengan adanya teknologi 5G di masa depan, mobil akan semakin terhubung sehingga akan terbentuk ekosistem yang diebut V2X (vehicle to Everything – kendaraan yang terhubung dengan semua hal). V2X meliputi koneksi kendaraan dengan kendaraan, kendaraan dengan pejalan kaki, maupun kendaraan dengan infrasturktur jalan yang ada.

Qualcomm mendorong implementasi V2x ini dengan mengeluarkan Chipset Qualcomm 9150 C-V2X yang memungkinkan mobil dapat berkomunikasi baik ke pedestrian, ke sesama kendaraan, maupun ke infrastruktur. Selain menyediakan platform untuk produsen kendaraan dan penyedia infrastruktur, chipset ini juga bisa dijalankan tanpa SIM alias Sim-less dan berjalan di spektrum ITS 5,9Ghz.

Peranti Sandang

Peranti Images Data 2017 Oktober Thumb Other400 0

Qualcomm dikenal memiliki beberapa chipset yang khusus digunakan untuk peranti sandang ata wearable device. Untuk kategori jam pintar misalnya, mereka menyadiakanchipset yang kompatible yaitu Qualcomm Snapdragon 400 dan Qualcomm Snapdragon Wear 2100.
Untuk produk smart band dan smart tracker, mereka menyediakan chip tunggal Qualcomm 6270, Qualcomm Snapdragon Wear 1100, dan Qualcomm Snapdragon Wear 1200.

Yang terbaru, mereka juga menyediakan CSR102X, chipset untuk pakaian pintar (smart clothing) dengan konsumsi daya untuk pemakaian bluetooth yang rendah.

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Monday, 23 October 2017 13:31
  • font size