pulsa-logo

Samsung Bakal Adopsi Teknologi AI di Galaxy S9?


Galing

Selasa, 24 Oktober 2017 • 12:30

Samsung Galaxy S9, Galaxy S9, AI, Kecerdasan Buatan, Chipset AI, Chipset Kecerdasan Buatan, Rumor Samsung Galaxy S9, Spesifikasi Galaxy S9


Foto: GizmoChinaFoto: GizmoChina

Samsung kabarnya bakal membenamkan teknologi kecerdasan buatan pada perangkat flagship Android barunya yang akan meluncur di tahun depan. Meski baru sebatas rumor, ponsel pertama yang akan mendapatkan teknologi tersebut besar kemungkinan adalah Galaxy S9.

Seperti sudah banyak diketahui, Huawei Mate 10 yang menjalankan prosesor Kirin 970 adalah perangkat yang diklaim telah menggunakan chip dengan unit pengolahan saraf atau neural processing unit (NPU) yang disiapkan untuk menangani teknologi kecerdasan buatan. Hal yang sama juga sudah diterapkan oleh Apple pada iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X yang juga memanfaatkan neural processing engine cores yang kemudian ditanamkan pada chip A11 Bionic tercanggih besutannya.

Tak ingin ketinggalan jauh dari para pesaingnya, raksasa teknologi negeri ginseng tersebut sepertinya juga tengah menyiapkan neural engine co-processor khusus yang akan mereka benamkan pula pada chip Exynos anyar garapannya. Guna memenuhi ambisinya tersebut, pada bulan Oktober 2016 lalu pembuat smartphone terbesar di dunia ini bahkan telah menginvestasikan 30 juta USD dananya ke firma teknologi AI asal Inggris bernama Graphcore.

Tidak berhenti di situ, laporan baru dari media Korean Herald menyebutkan pula bahwa sang vendor telah mengalirkan pula dana yang tidak kecil pada perusahaan lainnya yang saat ini juga tengah mengembangkan implementasi teknologi serupa. Perusahaan bernama DeePhi Tech yang didirikan pada 2016 lalu di Tiongkok tersebut bahkan memiliki sejumlah klien penting seperti Amazon Web Services, MediaTek, Xilinx hingga Samsung.

Perusahaan yang baru berusia setahun tersebut diketahui telah mengembangkan teknologi kompresi jaringan saraf serta penggarapan arsitektur hardware jaringan saraf tiruan yang merupakan tulang punggung bagi teknologi kecerdasan buatan. Salah satu hasil karya dari perusahaan ini yang paling menonjol adalah Deep Neural Network Development Kit yang akan membantu mempercepat serta mempermudah implementasi aplikasi pembelajaran mandiri atau deep learning application.

Seperti PULSA kutip dari GizmoChina, Samsung tampaknya saat ini tengah menaruh minat untuk mengembangkan pembuatan chip saraf AI yang akan dapat dimanfaatkan untuk pengenalan ucapan, pengolahan bahasa saraf dan pembelajaran fenomena alami. Tidak mengherankan bila pada akhirnya ini menimbulkan spekulasi soal kemungkinan sang vendor untuk mewujudkannya pada Galaxy S9 yang menurut rumor akan menggunakan chip Exynos 9810.

Sumber: GizmoChina