pulsa-logo

Adu Kuat iPhone 8 Plus vs Google Pixel 2 XL, Siapa Lebih Tangguh?


Fauzi

Selasa, 24 Oktober 2017 • 12:45

iPhone 8 Plus,Google Pixel 2 XL


iPhone 8 dan iPhone 8 Plus digadang Apple sebagai generasi iPhone yang paling tangguh. Tidak hanya dari segi performa, melainkan juga kokoh dari segi desainnya. Namun bukan berarti Apple bisa berpuas diri dengan hal tersebut. Karena kompetitor  Apple, yakni Google juga ternyata mengemas Pixel 2 dan Pixel 2 XL dengan desain dan bahan yang sangat tangguh. Bahkan dari hasil pengujian drop test terbaru menunjukkan bahwa Google Pixel 2 XL memiliki bahan panel belakang yang jauh lebih tangguh ketimbang iPhone 8 Plus.

Smartphone Pixel 2 dan Pixel 2 XL Google diluncurkan awal bulan ini, dan sekarang tersedia untuk dibeli di pasar Amerika Serikat dan Inggris. Seperti yang  dijelaskan sebelumnya, Google Pixel 2 XL memiliki panel belakang yang kokoh. Dan ini dibuktikan melalui berbagai tes yang menunjukkan ponsel Pixel 2 XL menerima  berbagai  ‘penyiksaan’ yang ekstrem. Sebuah video terbaru yang diunggah ke YouTube oleh gadget reviewer  PhoneBuff  berjudul  “Google Pixel 2 XL vs iPhone 8 Plus Drop Test!”.

Tim PhoneBuff telah menyertakan Pixel 2 XL dan iPhone 8 Plus untuk melihat seberapa tangguh kedua ponsel ini. Video menunjukkan bahwa smartphone dijatuhkan dari berbagai sudut. Di babak pertama, menunjukkan bahwa Pixel 2 XL  memiliki panel belakang yang sedikit lebih tangguh yang tidak hancur karena dijatuhkan dari ketinggian tertentu. iPhone 8 Plus, yang menampilkan panel belakang berbahan kaca, jelas  kalah telak. Panel kaca belakang iPhone 8 Plus benar-benar hancur. Tim tersebut menunjukkan bahwa kedua ponsel  setelah dijatuhkan, tetap memiliki layar  yang berfungsi normal meski ada kerusakan parah di kaca belakang iPhone 8 Plus. 

Perlu disebutkan bahwa uji drop test bagian panel belakang tidak meninggalkan beberapa goresan pada aluminium belakang XL Pixel 2 dan  kaca pada bodi bagian atas tetap utuh.

Pada babak test  berikutnya, ponsel dijatuhkan lagi dari ketinggian  tertentu  lagi. Dan mulai terlihat beberapa bagian di Google Pixel 2 XL mengalami kerusakan yang lebih parah. Uji drop test saat ponsel dijatuhkan pada bagian depan (ponsel menelungkup),  kedua ponsel mengalami kerusakan parah. Google Pixel 2 XL secara khusus terlihat potongan kaca yang keluar dari panel depan yang terlihat mengerikan. Hal ini  juga menyebabkan kamera depan pada Google Pixel 2 XL terdistorsi dan mengalami kerusakan. Sedangkan  IPhone 8 Plus juga mengalami kerusakan parah karena kerusakan saat uji face drop, kaca mengalami retak meski bodi secara umum tetap utuh.

Tim PhoneBuff  lebih lanjut menguji drop test  kedua ponsel untuk mengetahui lebih lanjut  di mana dan kapan layar iPhone 8 Plus benar-benar berhenti merespons setelah dijatuhkan dari ketinggian tertentu. Setelah mengelami drop test  selama delapan kali berturut-turut  dari ketinggian yang semakin  lebih tinggi, akhirnya iPhone 8 Plus mengalami masalah serius pada respon di layar.


Di sisi lain, Google  Pixel 2 XL layarnya  mulai berhenti merespons dalam pengujian drop test selama lima kali berturut-turut.

Adapun hasil keseluruhan dari drop test yang dibuat  oleh tim PhoneBuff menyimpulkan bahwa Google  Pixel 2 XL menang  tipis dalam pemilihan bahan panel belakang yang dianggap lebih kokoh jika  dibandingkan dengan iPhone 8 Plus.

Sumber: GadgetNDTV