pulsa-logo

Abaikan iPhone, Samsung Tidak akan Hilangkan Fingerprint Sensor di Galaxy S9?


Galing

Selasa, 24 Oktober 2017 • 16:14

Sensor Sidik Jari Ponsel Samsung, Sensor Sidik Jari Smartphone Samsung. Sensor Sidik Jari Samsung Galaxy S9, Sensor Sidik Jari Galaxy


Foto: SoftpediaFoto: Softpedia

Samsung dan Apple tampaknya memiliki perbedaan pandangan terkait masa depan fingerprint sensor alias sensor sidik jari pada perangkat besutannya masing-masing. Jika Apple telah memutuskan menghilangkan Touch ID pada iPhone X dengan menghadirkan Face ID sebagai penggantinya, maka Samsung justru bersikeras untuk tetap mempertahankan keberadaannya.

Menurut laporan dari Softpedia, perusahaan asal Korea Selatan tersebut baru-baru ini diketahui telah mengajukan hak paten dengan kode nama KIPRIS kepada lembaga kekayaan intelektual domestik negara tersebut. Paten ini mengindikasikan niatan raksasa teknologi tersebut untuk terus mengupayakan penempatan sensor sidik jari pada bagian depan dari sebuah smartphone.

Dua produk Samsung terakhir yakni Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 hadir dengan sensor sidik jari yang diletakkan di belakang perangkat. Penanaman sensor ini menuai kritik tajam karena dimensi perangkat yang begitu besar telah membuat pengguna kesulitan mengoperasikannya dengan menggunakan satu tangan. Selain itu, pengguna diketahui juga sering sekali malah meletakkan jari mereka pada bagian kaca lensa kamera ketimbang bidang sensor yang sebenarnya terletak agak sedikit dibawahnya.

Demi memberi kepuasan kepada pengguna, Samsung lantas menempuh berbagai cara termasuk mencoba untuk mengembalikan posisi sensor ke bagian depan. Namun begitu dengan adopsi desain smartphone kekinian bezel-less yang tengah menjamur, langkah ini tampaknya memerlukan sedikit penyesuaian.

Menurut Sammobile, paten yang akan didaftarkan ini nantinya akan memungkinkan perusahaan teknologi ini untuk meletakkan sensor sidik jari pada bagian kecil yang disebut sebagai “recess”. Ini adalah bagian kecil yang berada tepat di bawah layar dari sang smartphone. Artinya paten ini jika benar berhasil direalisasikan hanya akan mengambil sedikit ruang untuk peletakan sensor sidik jari.

Sementara itu laporan anyar lainnya menyebutkan bahwa perangkat Samsung kedepannya mungkin akan menggunakan sensor sidik jari yang tertanam di layar. Strategi yang sama sebetulnya telah coba diimplementasikan oleh sang pembuat smartphone tersebut pada Galaxy S8 meski pada akhirnya harus dibatalkan karena adanya kendala teknis.

Walaupun pendaftaran paten tidak bisa dijadikan isyarat kuat akan segera diterapkan dalam waktu dekat, namun setidaknya ini memberi sedikit gambaran soal niatan Samsung untuk tetap mempertahankan keberadaan dari sensor sidik jari pada perangkat flagship besutannya. (Galing)


Sumber: Softpedia