pulsa-logo

Hebat! Kamera Huawei Mate 10 Pro Kalahkan Galaxy Note 8 dan iPhone 8 Plus


Galing

Selasa, 24 Oktober 2017 • 17:25

Huawei Mate 10 Pro, iPhone 8 Plus, Galaxy Note 8, Kamera Huawei Mate 10 Pro, Kamera iPhone 8 Plus, Kamera Galaxy Note 8


Foto: DxO MarkFoto: DxO Mark

DxO Mark yang merupakan salah satu lembaga riset kualitas kamera yang kerap dijadikan acuan dalam menilai kemampuan fotografi dan videografi dari perangkat mobile, pada hari jumat lalu (20/10/2017) telah mengganjar Huawei Mate 10 Pro dengan skor kualitas kamera yang melampaui angka yang berhasil diraih oleh iPhone 8 Plus.

Foto: DxO MarkFoto: DxO Mark

Dalam pengujian yang dilakukan, ponsel paling gres dari pabrikan pembuat smartphone asal Tiongkok tersebut berhasil mengumpulkan nilai 97. Mendapat skor yang nyaris mendekati seratus, Mate 10 Pro jadi ponsel dengan kualitas kamera yang lebih unggul dari Galaxy Note 8 dan iPhone 8 Plus yang masing-masing hanya sanggup mengumpulkan angka 94.

Foto: DxO MarkFoto: DxO Mark

Foto: DxO MarkFoto: DxO Mark

Meski tergolong tinggi, angka yang diraih tersebut nyatanya masih belum berhasil menyalip Pixel 2 yang bertengger di peringkat teratas dengan total skor 98. Ponsel besutan Google tersebut memang tampil lebih impresif dibanding ponsel kelas flagship lainnya, meski cuma mengandalkan sensor kamera tunggal di bagian belakangnya.

Foto: DxO MarkFoto: DxO Mark


Soal kualitas jepretan gambarnya, Mate 10 Pro bahkan mencapai nilai sempurna seratus yang diperoleh berkat kelebihan di sisi eksposur, kondisi cahaya dalam ruangan, mode wide apperture yang luar biasa hingga penguncian fokus gambar yang terbilang menakjubkan.

Dua kamera dengan sensor 12MP yang dipadukan bersama sensor 20MP mono yang dibenamkannya sanggup menghasilkan efek bokeh yang berkualitas dengan efek depth of field akurat yang ikut dikombinasikan pula dengan isolasi tepian subjek sang gambar yang lebih baik dari mode portrait milik iPhone 8 Plus. Artinya kamera sang perangkat dapat dengan tepat membedakan mana bagian gambar yang harus diburamkan serta mana bagian yang harus diperjelas fokusnya.

Beranjak ke video, rekaman yang dihasilkan Mate 10 Pro memperlihatkan eksposur yang baik, tingkat noise yang rendah, rona warna yang memikat mata hingga white balance yang akurat dalam segala kondisi cahaya. Autofokus video juga bekerja dengan cepat yang sanggup melacak objek dengan tepat. Demikian pula dengan fitur OIS yang disertakan juga sanggup mengurangi efek goyang yang ditimbulkan oleh guncangan tangan pengguna sewaktu pengambilan video berlangsung.

Sisi negatifnya, rekaman yang dihasilkan nyatanya menampakkan level tekstur yang agak rendah pada semua kondisi pencahayaan. Pengujian dibawah lampu Tungsten juga menunjukkan adanya rona warna jingga yang tampak jelas. Selain itu, pengambilan video pada lokasi dengan kontras cahaya tinggi juga menunjukkan kecenderungan clipping pada area yang mendapatkan sorotan cahaya yang lebih banyak.

Kesimpulannya dengan konfigurasi kamera sensor RGB dan monokrom yang digunakannya, Mate 10 Pro berhasil memimpin dengan kualitas gambar yang terbaik. Adapun untuk skor kualitas video yang dihasilkan meski tidak setinggi yang dikumpulkan oleh skor kualitas jepretan foto, namun secara keseluruhan tercatat masih memiliki performa yang sangat solid. Sehingga hasil rata-rata antara kualitas potret dan video keduanya menghasilkan angka 97. (Galing)

Sumber: DxOMark

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44