pulsa-logo

Ssst, Smartphone Bekas dari Jepang Banjiri Toko Online


dian iskandar

Selasa, 24 Oktober 2017 • 17:18

fujitsu,Docomo,Xperia docomo,hp bekas jepang,iPhone docomo,kyocera


ilustrasiilustrasi

Kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri untuk smartphone 4G, secara umum memang sukses memangkas impor ponsel dalam bentuk jadi. Namun, impor ponsel illegal masih saja marak. Peredarannya pun dengan mudah dapat ditemukan.

Ponsel-ponsel yang beredar secara ilegal umumnya adalah ponsel-ponsel baru dengan tingkat penjualan yang tinggi. Namun, Anda juga bisa menemukan produk-produk asing yang dijual bekas yang secara resmi tidak masuk ke Indonesia.

Salah-satu contoh ponsel bekas illegal asal Jepang yang diperjual belikan di toko-toko online terkemuka adalah Fujitsu. Merek ini sama sekali tidak pernah menjajakan kakinya di Indonesia. Tapi toh ada saja yang menjualnya. Misalnya Fujitsu Arrows F03 DoCoMo dan Fujitsu F01F.  Sangat jelas bahwa ponsel ini berasal dari Jepang karena ada logo DoCoMo yang merupakan operator selular di sana. Selain Fujitsu, merek-merek terkenal seperti iPhone, Samsung dan Sony juga termasuk produk bekas asal Jepang yang diperjual belikan.

Ponsel asal Jepang ini rata-rata berasal dari operator Docomo. Namun untuk dapat bisa dipasarkan disini, para penjual biasanya sudah meng"oprek" smartphone tersebut agar bisa menggunakan jaringan operator lokal.

Berikut produk-produk Smartphone bekas dari Jepang yang diperjual belikan

1. Fujitsu



Fujitsu Arrow NX, tipe smartphone ini hadir dipasarkan dengan harga mulai 400 ribu-an hingga Satu juta-an tergantung kondisi smartphone tersebut. Secara singkat Fujitsu Arrow memiliki panel layar berukuran 5.0 inci beresolusi full HD, daya tariknya adalah perangkat ini memiliki sertifikasi IPX8, IPX5 dan IP5X yang artinya perangkat ini memmiliki ketahanan terhadap air hingga kedalaman 1 meter, tahan terhadap semprotan air serta tahan terhadap partikel debu.

Dengan harga segitu terbiang cukup murah. Mengingat perangkat ini membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 800 yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 2GB dan memory internal sebesar 32GB.

2. iPhone

Tak hanya smartphone berbasis Android, smartphone asal Jepang yang banyak beredar di Indonesia adalah Apple iPhone. Dengan label  harga yang jauh lebih "miring" dibandingkan iPhone bergaransi resmi. iPhone yang berasal dari Jepang lebih banyak diminati oleh konsumen.

Untuk iPhone eks Docomo yang beredar di Indonesia biasanya adalah iPhone versi global yang memiliki akses jaringan di negara manapun. Perbedaannya iPhone dari Jepang adalah mode silent pada kamera dan screenshot yang tidak bisa dimatikan. Hal ini merupakan kebijakan negara Jepang untuk menghindari pengguna iPhone disana untuk mengambil gambar orang lain secara diam-diam.

3. Sony Xperia

Sony memang sudah tidak mengedarkan perangkat smartphonenya secara resmi di Indonesia, namun ketersediaan smartphone besutan Sony masih banyak beredar di Indonesia. Mulai dari Sony Xperia berlabel harga terjangkau hingga smartphone premium Sony yang terbaru yakni Sony Xperia XZ1 sudah banyak ditemui dipasaran secara online.

4. Samsung

Meski sudah beredar secara resmi dipasaran, bukan berarti smartphone bergaransi distributor tidak hadir dipasaran. Dengan nama besar yang dimiliki cukup berimbas pada label harga yang dipatok oleh Samsung untuk smartphone besutannya. Solusi praktisnya adalah memiliki smartphone Samsung import bekas yang tentunya memiliki label harga yang jauh lebih terjangkau namun tetap memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni untuk saat ini.

Dipasaran saat ini banyak smartphone Samsung yang berasal dari Jepang yang dijual dengan harga yang sangat murah. Samsung Galaxy S6 contohnya, di toko online perangkat ini hanya dijual dengan harga berkisar 1,3 juta hingga 1,5 juta-an dengan kondisi yang masih layak untuk digunakan.

5. Kyocera

Smartphone asal Jepang yang terkenal akan ketangguhannya ini sudah banyak beredar di Indonesia. Diakomodasi oleh para retailer online, beragam tipe smartphone Kyocera bisa dimiliki dengan label  harga yang cukup terjangkau.

Tipe smartphone Kyocera yang banyak beredar adalah Kyocera DuraForce, Kyocer Hydro Elite dan Kyocera DuraEX Flip. Tak jauh berbeda dengan smartphone besutan Fujitsu, Kyocera juga memiliki ketangguhan seperti tahan air dan debu yang disesuaikan dengan kondisi iklim negara asalnya. (*)