pulsa-logo

Cetak Lebih Dari 100 Juta Unit Pengiriman, Bisnis Smartphone Huawei Tumbuh Pesat di 2017


Galing

Rabu, 25 Oktober 2017 • 10:27

Angka Penjualan Smartphone Huawei 2017


Foto: GizChinaFoto: GizChina

Sebagai salah satu perusahaan pionir di bisnis smartphone, Huawei rupanya tidak pernah merasa gentar untuk menghadapi persaingan dan kompetisi sengit dengan perusahaan smartphone global lainnya. Laporan penjualan unit smartphone Huawei di tahun 2017 menunjukkan bahwa perusahaan manufatur yang berbasis di Cina tersebut berhasil mencapai angka pengiriman lebih dari 100 juta unit smartphone dalam tiga kuartal pertama tahun 2017. Pertumbuhan pendapatan operasional Huawei di bisnis smartphone juga meningkat sebesar 30% Year on Year (YoY).

Huawei jelas cukup jeli melihat peluang pasar, dengan menciptakan banyak smartphone dengan merek yang berbeda, spesifikasi yang berbeda dan fitur yang dipersifikasi, sehingga menciptakan pemerataan segmen pengguna dan memperluas segmen pasar. Konsumen bisa memilih smartphone Huawei Honor yang menargetkan segmen kelas menengah hingga high end, atau memilih untuk membeli smartphone Huawei Nova yang menyasar kelas entry level.

Tak hanya itu, kunci sukses Huawei dalam mencapai angka pengiriman 100 juta unit di tahun ini, ternyata juga didukung oleh ketersediaan jumlah gerai ritel Huawei yang meningkat 19% YoY menjadi 42.300 di seluruh dunia. CEO kelompok bisnis konsumen Huawei, Yu Chengdong, mengatakan bahwa dengan lebih dari 10.000 karyawan di seluruh dunia yang mengerjakan penelitian dan pengembangan (R&D), maka diharapkan dapat menangani lebih banyak pelanggan smartphone Huawei di seluruh dunia.

Baru-baru ini Huawei telah meluncurkan perangkat jagoannya berjuluk Mate 10 dan Mate 10 Pro yang menggunakan dukungan prosesor  khusus AI pertamanya, yakni Kirin 970. Dan saat ini, Huawei tengah menggarap smartphone yang mengadopsi desain  yang dapat dilipat (foldable design) yang kabarnya akan diluncurkan tahun depan. Namun belum jelas, apakah angka pengiriman tersebut sudah termasuk dari pembelian unit Mate 10 atau belum. Mengingat Mate 10 baru diluncurkan  pada 16 Oktober. Dan  perangkat jagoan Huawei tersebut hadir dalam tiga varian yaitu Mate 10, Mate 10 Pro, dan Mate 10 Lite dengan harga yang lebih terjangkau. Mate 10 akan menjadi versi standar dalam varian ini yang akan hadir dengan layar LCD IPS 5,9 inci.

Mate 10 Pro akan diluncurkan dengan display bezel-less atau EntireView. Didukung dengan layar AMOLED dan akan memiliki resolusi QHD. Ponsel Ini juga akan memiliki kamera belakang Leica dan didukung oleh prosessor Kirin 970. Layar bezel-less pada mate 10 pro ini akan membuat pemindai sidik jari beralih ke bagian belakang ponsel. Perangkat ini pada akhir pekan lalu bahkan berhasil menyalip skor pengujian kamera yang dicetak oleh Galaxy Note 8 dan iPhone 8 Plus.

Adapun untuk Mate 10 Lite yang dibanderol paling murah akan diluncurkan dengan layar Full HD 5,9 inci meski tidak didukung kamera Leica. Rumornya, Mate 10 Lite ini juga tidak akan memperoleh dukungan prosesor Kirin 970.  (Nariswari/Galing

Sumber: GizChina