pulsa-logo

Pakai Android Nougat dan ZenUI 4.0, Apakah ZenFone 4 Bisa Cicipi Android Oreo?


Galing

Rabu, 25 Oktober 2017 • 21:11

update Android Oreo Zenfone 3, update android oreo zenfone 4, jadwal rilis update android oreo asus zenfone, update android oreo asus zenfone, Update android oreo


Foto: PULSA (Galing)Foto: PULSA (Galing)

Pada kesempatan peluncuran trio ASUS ZenFone 4 yang berlokasi di sebuah hotel di Jakarta, Marketing Manager ASUS Indonesia, Galip Fu menegaskan bahwa seluruh perangkat besutan perusahaan Taiwan tersebut akan hadir dengan sistem operasi Android Nougat yang dipercantik oleh antarmuka ZenUI 4.0. Antarmuka anyar ini kini bisa berjalan lebih ringan berkat adanya pemangkasan aplikasi bawaan dari yang semula berjumlah 35 menjadi hanya sekitar 19 aplikasi. Salah satu kelebihan utama ZenUI paling gres yang juga berjalan di atas platform Android Nougat 7.1.1 adalah dengan dibenamkannya fitur Clone Apps yang memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan dua akun berbeda pada satu perangkat yang sama.

Contohnya, Anda dapat menggunakan dua nomor yang berbeda untuk satu aplikasi layanan pesan instan yang sama seperti WhatsApp, Line, Viber, WeChat dan lain sebagainya. Demikian pula dengan aplikasi sosial media, pengguna juga dapat menggandakannya sehingga dapat dipakai secara berdampingan. Adapun fungsi lain seperti Safeguard juga memungkinkan orang terdekat Anda untuk mencari tahu lokasi Anda dalam kondisi darurat.

Foto: PULSA (Galing)Foto: PULSA (Galing)

Adanya kustomisasi mendalam pada sistem operasi Android yang diadopsi oleh seri ZenFone biasanya akan membuat proses update sebuah perangkat jadi lebih sulit. Namun begitu seperti ditegaskan oleh Galip Fu yang menjabat sebagai Marketing Manager ASUS Indonesia dalam panggung acara peluncuran Trio ZenFone 4, semua perangkat ZenFone 3 dan ZenFone 4 akan mendapatkan update Android Oreo secara bertahap hingga akhir semester pertama tahun 2018 mendatang.

Sama seperti yang diungkap dalam situs resmi sang vendor, pembaruan Android Oreo pada semua lini ASUS ZenFone 3 dan 4 ini dipastikan akan membawa fitur anyar seperti Picture in Picture, unread notification app badges, dukungan bluetooth audio yang lebih baik, ikon adaptif dan masih banyak lagi yang lainnya. Sayangnya baik dalam laman resmi sang vendor maupun dalam kesempatan acara di Jakarta yang diadakan pada hari ini (25/10), ASUS tidak memberikan penjelasan rinci soal ada tidaknya perangkat ZenFone 3 dan 4 yang mungkin saja tidak dapat menerima update karena keterbatasan hardware.

Adapun bila menilik daftar perangkat lini ZenFone 3 yang sudah dirilis sebelumnya maka ponsel yang dimaksud tentunya akan mencakup pula ZenFone 3 ZE552KL, ZenFone 3 Deluxe ZS570KL, ZenFone 3 Ultra ZU680KL, ZenFone Pegasus 3, ZenFone 3 ZE520KL, ZenFone 3 Laser ZC551KL, ZenFone 3 Max ZC520TL, ZenFone 3 Deluxe 5.5 ZS550KL, ZenFone 3 Max, ZC553KL and ZenFone 3 Zoom ZE553KL.

Sedangkan untuk lini ZenFone 4 yang selama ini sudah dirilis yang masuk dalam daftar meliputi ZenFone 4 A450CG, ZenFone 4 Max ZC520KL, ZenFone 4 Max Plus ZC554KL, ZenFone 4 Max Pro ZC554KL, ZenFone 4 Selfie ZD553KL, ZenFone 4 Series Pro ZD552KL, ZenFone 4 ZE554KL and ZenFone 4 Pro 2017. Selain daftar resmi dan perkiraan waktu keluarnya update yang masih belum ada, ASUS hingga kini juga belum memberikan keterangan apakah mereka akan menggulirkan pula update Android Oreo pada tablet Android besutannya seperti ZenPad 3s 8.0 dan ZenPad 3s 10. (Galing)