pulsa-logo

Akuisisi Perusahaan Solusi Pengisian Daya Nirkabel, Apa Rencana Apple Berikutnya?


Galing

Kamis, 26 Oktober 2017 • 06:54

Apple, Akuisisi Apple


Foto: MacRumorsFoto: MacRumors

Apple baru-baru ini dikabarkan mengakuisisi PowerbyProxi, sebuah perusahaan yang merancang solusi pengisian daya secara nirkabel. Kabar ini bermula dari potongan artikel Stuff dari Selandia Baru. Wakil presiden teknik perangkat keras Apple bernama Dan Riccio mengatakan kepada redaksi Stuff bahwa tim di  PowerbyProxi akan menjadi aset sumber daya manusia yang sangat bernilai dan bagus karena Apple secara konsisten menggarap teknologi pengisian daya nirkabel untuk jajaran perangkat terbarunya.

Riccio menyambut baik proses akuisisi ini dan optimis untuk membawa hal yang positif bagi bisnis Apple di masa depan. Apple  ingin membawa pengisian daya secara nirkabel yang benar-benar mudah ke lebih banyak tempat dan lebih banyak pelanggan di seluruh dunia.

PowerbyProxi didirikan pada tahun 2007 untuk mengembangkan teknologi pengisian nirkabel yang memungkinkan orang mengisi daya smartphone dan perangkat lainnya tanpa memerlukan kabel. PowerbyProxi telah mengembangkan Proxi-Module, sebuah sistem tenaga nirkabel modular yang dapat diadaptasikan dan diintegrasikan ke dalam berbagai macam produk, dan memberikan daya hingga 100 watt ke perangkat seperti pesawat tak berawak (drone) dan robot sederhana.

Proxi-Module yang dilengkapi dengan desain modular dan tahan air yang memungkinkannya beradaptasi dengan berbagai penggunaan, menawarkan daya tertinggi dengan tingkat efisiensi  91%. Selain itu, ia jugamenawarkan kinerja yang luar biasa serta dapat mengurangi resiko overheat pada saat pengisian daya.

PowerbyProxi juga telah bekerja pada pengembangan standar pengisian daya nirkabel masa depan yang saat ini tengah dikembangkan oleh Wireless Power Consortium. Perusahaan ini juga telah menerima investasi untuk mendanai penelitiannya. Seperti dieketahui, Apple rupanya juga merupakan anggota Wireless Power Consortium semenjak bulan Februari 2017.

Menanggapi akuisisi dengan Apple ini, pendiri PowerbyProxi bernama Fady Mishriki mengatakan bahwa timnya sangat senang dan bangga dapat bergabung dengan Apple. Diharapkan terciptanya keselarasan yang luar biasa dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh PowerbyProxi pasca akusisi dengan Apple. PowerbyProxi sangat antusias untuk melanjutkan pertumbuhan teknologi nirkabel-nya  di Auckland dan berkontribusi pada inovasi pengisian nirkabel di Selandia Baru.

Apple pada bulan September meluncurkan iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X, dan ketiga perangkat baru ini dilengkapi dengan kemampuan pengisian nirkabel berbasis Qi yang memungkinkan mereka untuk mengisi daya dari pengisi daya nirkabel bersertifikat Qi. Apple juga sudah mengembangkan perangkat pendukung untuk pengisian nirkabelnya sendiri yang dapat mengisi daya di iPhone, Apple Watch, dan AirPods pada saat yang bersamaan. Dan dengan mengakuisisi PowerbyProxi, Apple dapat memperluas jangkauan usahanya dengan merilis aksesoris pengisian daya nirkabel kebutuhan rumah tangga atau ritel.


Namun sejauh ini belum diketahui berapa nilai nominal akuisisi PowerbyProxi yang dilakukan oleh Apple tersebut. Informasi soal rencana Apple kedepannya pasca akusisi ini selesai dilakukan hingga kini juga belum diungkapkan secara resmi. (Nariswari/Galing)