pulsa-logo

Nonton Iklan Cuma 10 Detik, Biznet Hotspot Pun Bisa Dinikmati Gratis


Fauzi

Kamis, 26 Oktober 2017 • 17:13


Berkunjung ke tempat di mana tersedia layanan Wi-Fi gratis memang menyenangkan. Namun, terkadang untuk menikmati layanan tersebut, biasanya kita diharuskan melakukan berbagai embel-embel seperti registrasi email, nama, dan lain-lain, sebelum akhirnya bisa menikmati layanan Wi-Fi tersebut.

Berbeda dengan layanan Wi-Fi yang umum tersedia di area publik, Biznet Hotspot menawarkan cara berbeda di mana pengguna lebih dimudahkan ketika ingin menikmati sambungan Wi-Fi gratis ini.

“(Menggunakan Biznet Hotspot) itu enak, tidak terlalu ribet, tidak perlu memasukkan password, masukkan tanggal lahir, atau macam-macam registrasi (lainnya). Tinggal lihat advertising-nya, sekarang sih nonton advertising-nya (iklan) sekitar 10 detik. Setelah itu sudah connect. Jadi, easy connect,” kata Yudie Haryanto, selaku VP Marketing Biznet di sela-sela acara Press Conference and Meet Up Bizent + Flashads hari ini (26/10), di Hotel Ayana, Jakarta.

Bicara soal iklan (advertising) yang ditampilkan sebelum pengguna terhubung dengan Wi-Fi, ini memang bagian dari kerja sama antara Biznet dengan Flashads, yaitu partner yang mendukung dari sisi pengelolaan bisnis untuk layanan Biznet Hotspot. Model bisnis yang dikembangkan Flashads untuk Biznet Hotspot adalah penyediaan media iklan yang khusus diperuntukkan bagi perusahaan B2C.

Untuk saat ini, pengguna yang tersambung ke Biznet Hotspot dibatasi dapat menikmati layanan ini hingga 30 menit lamanya. Menurut Yudie, hal ini dilakukan guna menjaga environtment kualitas dari Free Wi-Fi tadi.

“Jadi kan ada orang yang begitu connect (terhubung) di ngga mau gantian, bisa dua jam, tiga jam dan sebagainya. Environment Wi-Fi nya kan jadi terbatas. Dengan 30 menit itu tujuannya untuk me-refresh user. Supaya environment Wi-Fi di situnya bisa terjaga kualitasnya,” kata Yudie.

Meski dibatasi tersambung Wi-Fi hanya 30 menit, namun bagi pengguna yang ingin menikmati layanan ini bisa kembali dilakukan dengan cara login kembali dari awal.


Adapun soal kapasitas pengguna yang bisa menggunakan Biznet Hotspot, dalam satu titik layanan ini bisa menampung setidaknya sampai 200 pengguna.

“Kalau bicara teknis secara equipment itu perangkat kita itu satu titik itu kemungkinan bisa sekitar 50 – 60 user. Tapi, satu titik itu rata-rata kita deploy 3 sampai 4 antena, jadi bisa dikatakan sampai 200 user bisa masuk (connect),” ungkap Yudie.

Selain Biznet Hotspot, sejatinya perusahaan penyedia layanan internet broadband ini juga memiliki layanan lain, yakni Biznet Wi-Fi. Bedanya, bila Biznet Hotspot bisa digunakan secara cuma-cuma untuk semua pengguna, adapun Biznet Wi-Fi merupakan fitur tambahan yang bisa dinikmati oleh customer Biznet.

Keuntungan menggunakan Biznet Wi-Fi, pengguna yang sudah tersambung di titik Wi-Fi tertentu maka bisa menikmati layanan ini di area yang terdapat layanan ini tanpa harus melakukan login.

“Jadi, sekali saja masukkan user ID (Biznet), dia pindah-pindah tempat di mana ada Wi-Fi (biznet) dia itu bisa connect, selama masih berlangganan. Jadi, kita jaganya tuh dari validasi, dia masih berlangganan atau tidak,” tutup Yudie.