pulsa-logo

Adu Fitur Nokia 3 vs Moto E4: Duel Smartphone Ponsel Global Papan Bawah


Galing

Jum'at, 27 Oktober 2017 • 14:30

Nokia 3 vs Moto E4: Duel Smartphone Ponsel Global Papan Bawah


Selain kustomisasi, harga yang lebih terjangkau juga kerap jadi alasan banyak orang untuk memilih Android. Banyaknya vendor yang ikut terjun membuat perangkat Android tentu akan sangat menguntungkan buat konsumen yang memang membutuhkan ponsel dengan harga yang sepadan dengan fitur yang dijejalkan.

Tak hanya ponsel papan atas yang berlimpah fitur, ponsel papan bawah juga berlomba menyajikan aneka fungsi yang tak kalah canggih buat Anda yang berniat membawa pulang perangkat pintar dengan jumlah dana yang terbatas. Kombinasi perangkat lunak terbaru dengan layar lebar yang digunakan kerap jadi andalan sang vendor untuk memikat lebih banyak pembeli.

Diantara sekian banyak ponsel Android papan bawah yang baru-baru ini menyambangi pasar, Nokia 3 dan Moto E4 adalah smartphone kelas pemula yang cukup mencuri perhatian. Kekuatan brand Nokia yang sempat jadi pemimpin pasar ponsel global ini tentu tidak bisa diremehkan begitu saja. Demikian pula nama Motorola yang dulu juga sempat meroket dengan seri Razr-nya. Penasaran? Simak dulu adu fiturnya yang PULSA tuangkan dalam tulisan singkat berikut.

Desain dan Display

  • Nokia 3: 143.4 x 71.4 x 8.5 mm; 140 gram; 5.0 inci 720 x 1280pixel (~294 ppi) ; IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; Gorilla Glass
  • Motorola Moto E4: 144.7 x 72.3 x 9.3 mm; 151 gram; 5.0 inci 720 x 1280pixel (~294 ppi) ; IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; Gorilla Glass 3; Oleophobic Coating

Memiliki ukuran dimensi yang terpaut tipis, Nokia 3 dan E4 yang menggunakan material yang terbuat dari plastik. Seperti smartphone Android Nokia lainnya, desain dari perangkat ini berbentuk persegi dengan keempat sudut yang tajam. Meski terlihat lebih macho, namun ponsel ini secara umum kurang nyaman dalam genggaman.

Beralih pada Moto E4, desain yang digunakan jauh lebih manis dengan keempat sudut membulat yang jelas akan terasa lebih pas di tangan. Bagian depannya juga memperlihatkan tombol fisik home yang dapat berfungsi pula sebagai pemindai sidik jari. Adapun untuk Nokia 3, Anda tidak akan mendapati sensor sidik jari baik di depan maupun belakang. Perbedaan inilah yang mungkin menyebabkan Moto E4 terasa lebih berbobot bila dibandingkan Nokia 3.


Bentang layar 5 inci kedua perangkat ini hadir dengan ukuran diagonal yang persis sama. Sama-sama dilindungi oleh lapisan kaca Corning Gorilla Glass, Moto E4 mendapatkan pula lapisan tambahan oleophobic coating yang akan menghalau noda keringat dan jari dari layar sang smartphone.

Hardware

  • Nokia 3: Mediatek MT6737; Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53; Baterai 2630mAh
  • Motorola Moto E4: Mediatek MT6737; Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53; Baterai Removable 2800mAh

Ikhwal kinerjanya, kedua vendor membenamkan prosesor dengan jenis chip buatan MediaTek yang serupa. Bertenaga pacu quad core 1,3GHz, kedua perangkat juga didampingi oleh RAM dan internal memori masing-masing 2GB dan 16GB. Jika dirasa kurang, maka Anda dapat menambahkan kartu microSD pada slot dedicated yang disiapkan terpisah dengan kartu SIM ganda miliknya. Kualitas panggilan telepon dari Moto E4 diprediksi juga akan lebih jernih berkat adanya mikrofon berteknologi active noise cancellation yang akan meredam suara bising di lingkungan sekitar pengguna.

Seperti telah disinggung sebelumnya, Moto E4 hadir dengan sensor pemindai sidik jari yang menempatkannya setingkat di atas Nokia 3. Sebaliknya pada Nokia 3, pengguna dapat menemui adanya sensor magnet yang bisa dipakai untuk kompas. Tidak hanya itu, Nokia 3 juga telah dibenamkan pula sensor gyroscope yang sangat membantu Anda yang menggemari bermain game di smartphone.

Adapun untuk menunjang operasional sehari-hari, Moto E4 sudah dipersenjatai dengan baterai sebesar 2800mAh. Sementara sumber pasokan daya dari Nokia 3 tercatat lebih kecil dengan kapasitas hanya sebesar 2630mAh. Menariknya bila rata-rata smartphone masa kini mengusung baterai tanam, maka E4 justru menggunakan baterai yang bisa pengguna lepas cukup dengan membuka penutup bagian belakangnya. Ini artinya penggantian baterai pada E4 akan dapat lebih mudah dilakukan.

Sistem Operasi

  • Nokia 3: Android Nougat 7.1.1
  • Motorola Moto E4: Android Nougat 7.1.1

Berbekal sistem operasi perangkat yang sama, kedua perangkat sebenarnya juga mengusung antarmuka yang tidak jauh beda dari Android Nougat polosan. Seperti telah diberitakan sebelumnya, HMD Global selaku pemegang merek dari ponsel Nokia menjamin bahwa semua line up smartphone Android besutannya akan mendapatkan update ke Android Oreo 8.0. Adanya kepastian soal datangnya update ini tentu menggembirakan bagi Anda yang mendambakan ponsel murah meriah namun dengan fitur terdepan serta paling anyar di kelasnya.

Sementara Motorola menyiapkan Moto Display dan Moto Actions yang merupakan aplikasi bawaan khas dari sang vendor. Moto Display memungkinkan Anda untuk mengatur kemunculan notifikasi di layar terkunci serta mengubah warna dan kecerahan layar agar terasa lebih nyaman terutama ketika pengguna ingin beristirahat di malam hari. Sedangkan Moto Actions bekerja pada pemindai sidik jari yang akan memungkinkan Anda untuk menyapu ke kiri sebagai pengganti tombol back dan menyapu ke kanan untuk mengakses multitasking.

Jaringan dan Konektivitas

  • Nokia 3: LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 28(700), 38(2600), 40(2300); Wi-Fi 802.11 b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot, bluetooth 4.0, A2DP, LE, NFC; GPS with A-GPS
  • Motorola Moto E4: LTE band 1(2100), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 8(900), 20(800), 38(2600), 40(2300); Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, bluetooth 4.2, A2DP, LE, aptX, NFC; GPS with A-GPS, GLONASS

Berbicara soal jaringan yang didukung oleh kedua perangkat, baik Nokia 3 maupun E4 sebetulnya terbilang berimbang dengan dukungan jaringan 4G operator di tanah air. Masuk resmi di Indonesia, dua perangkat ini juga telah mengantongi sertifikat TKDN. Namun bila Anda menilik pada konektivitas nirkabel, maka Moto E4 jelas lebih superior dengan Bluetooth 4.2 yang siap hadirkan kecepatan transfer data yang secara teoritis lebih kencang.

Perbedaan versi Bluetooth yang tertanam sebetulnya tidak jadi masalah karena pengguna masih dapat memanfaatkan WiFi direct sebagai alternatif untuk transfer data antarperangkat. Pengguna yang lebih banyak memanfaatkan smartphone untuk keperluan navigasi tentu akan lebih melirik Moto E4 karena adanya dukungan GPS Glonass serta baterai yang sedikit lebih besar kapasitasnya.

Meski masuk kategori ponsel kelas bawah kedua perangkat besutan vendor global ini ternyata juga telah disertai dengan chip NFC. Dibenamkannya chip ini tentu merupakan hal yang terbilang langka mengingat harga kedua ponsel ini yang saat ini berada di bawah dua juta.

Kamera Belakang

  • Nokia 3: 8 MP, f/2.0, autofocus, LED flash, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus. Video: 720p@30fps
  • Motorola Moto E4: 8 MP, f/2.2, autofocus, LED flash, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, panorama, HDR; Video: 1080p@30fps

Meski datang dengan resolusi kamera belakang yang sama, namun Nokia 3 memiliki diafragma lensa f/2.0 yang lebih oke untuk digunakan untuk pemotretan di lingkungan minim cahaya. Sementara untuk Moto E4, Anda bisa menggunakan fitur HDR untuk mendapatkan gambar dengan kualitas kontras yang lebih baik terutama saat backlighting.

Namun demikian soal sejauh mana kualitas sesungguhnya dari kedua pembidik momen smartphone ini tentunya akan kembali pada pengujian di lapangan. Bila menilik segmentasi harganya yang masuk kelas bawah, tampaknya kemampuan fotografi Nokia 3 dan Moto E4 hanya sebatas untuk eksis di media sosial.

Seperti PULSA kutip dari TechRadar, Moto E4 dapat merekam video dengan kualitas full HD. Tingkat resolusi demikian tentu tergolong cukup ideal untuk keperluan vlogging atau sekadar berbagi di sosial media. Sedangkan untuk Nokia 3, pengguna tampaknya harus cukup puas dengan kualitas rekaman video HD 720p.

Kamera Depan

  • Nokia 3: 8 MP, f/2.0, autofocus, 720p;
  • Motorola Moto E4: 5 MP, f/2.2, 1.4 µm pixel size, LED flash

Melihat spesifikasi kamera depan yang dibawa, Nokia 3 jelas lebih unggul dengan resolusi kamera 8 megapiksel yang telah mengusung pula diafragma f/2.0. Dipersenjatai dengan fitur autofokus, kamera miliknya tentu akan dapat memotret selfie dengan fokus yang lebih akurat.

Jika Anda lebih sering selfie di dalam ruangan maka Moto E4 boleh jadi merupakan pilihan yang pas untuk Anda. Lampu kilat LED yang tertanam tentu dapat Anda manfaatkan untuk memberikan penerangan dalam lingkungan bercahaya minim.

Kesimpulan

Bertarung di segmen konsumen menengah bawah, Moto E4 secara keseluruhan jauh lebih baik dengan tawaran sensor pemindai sidik jari di begian depan serta Moto Action dan Moto Display. Layar perangkat yang berlapis Corning Gorilla Glass 3 dan Coating Oleophobic juga jadi nilai lebih dari E4 bila dibanding Nokia 3 yang cuma memiliki balutan perlindungan Corning Gorilla Glass. Bermain game menggunakan Moto E4 juga tentu akan lebih nyaman karena perangkat buatan vendor yang kini bernaung di bawah Lenovo ini telah dipersenjatai dengan sensor gyroscope. Aspek fotografi dari Nokia 3 tampaknya lebih ditekankan dengan pemilihan kamera berdiafragma lebih lebar untuk penerimaan cahaya yang lebih baik. Nah jika selfie jadi pilihan, E4 sepertinya akan lebih pas untuk Anda bawa pulang karena pada bagian depan perangkat sudah terdapat lampu kilat LED. 

Spesifikasi