pulsa-logo

Asyik! WhatsApp Sekarang Bisa Hapus Pesan Salah Kirim


Galing

Jum'at, 27 Oktober 2017 • 14:42


Foto: WABetaInfoFoto: WABetaInfo

Pada awal pekan ini WhatsApp dikabarkan tengah menyiapkan sebuah fitur baru yang akan memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan salah kirim. Kabar ini juga diikuti dengan bocoran screenshot yang menerangkan dengan rinci cara untuk menghapus pesan yang terlanjur dikirimkan tersebut baik di perangkat Android, iOS ataupun versi desktop. Fitur yang disebut “recall” ini pada hari ini sudah mulai digulirkan ke pengguna di seluruh dunia secara bertahap.

Delete for Everyone Android (Foto: WABetaInfo)Delete for Everyone Android (Foto: WABetaInfo)

Bedanya, WhatsApp sekarang menyebut fitur tersebut dengan nama baru “Delete for Everyone.” Meski memiliki fungsi yang sama, namun ada perubahan cara yang harus Anda ikuti jika ingin memanfaatkan fitur ini. Dengan fitur ini, Anda dapat menghapus berbagai jenis pesan mulai dari pesan teks, gambar, video, audio, kartu kontak, file, lokasi, kutipan hingga balasan status. Fitur hapus pesan ini juga dapat dilakukan baik pada obrolan pribadi atau obrolan di dalam grup.

Delete for Everyone for Windows Phone (Foto: WABetaInfo)Delete for Everyone for Windows Phone (Foto: WABetaInfo)

Pengguna yang ingin menghapus pesan yang sudah terlanjur dikirimkan kini bisa melakukannya cukup dengan menahan pesan tersebut dan memilih ikon hapus. Jika pada WhatsApp versi sebelumnya hanya ada satu pilihan hapus, maka sekarang pengguna dapat memilih untuk menghapus pesan di perangkatnya sendiri atau di semua perangkat. Jika Anda memilih“delete for me”, pesan yang Anda kirim hanya akan dihapus dari perangkat Anda namun masih akan terlihat di perangkat penerima. Namun bila Anda memilih “delete for everyone”, pesan yang telah dikirimkan akan dihapus baik dari perangkat Anda sendiri ataupun perangkat sang penerima.

Delete for Everyone for iOS (Foto: WABetaInfo)Delete for Everyone for iOS (Foto: WABetaInfo)

Agar Anda dapat memanfaatkan fitur ini, maka aplikasi WhatsApp yang terinstal pada kedua perangkat haruslah versi yang terbaru. Jika perangkat penerima belum menginstal WhatsApp versi baru, pesan yang Anda kirimkan tidak akan dapat dihapus. Pengirim pesan juga tidak akan mendapatkan pemberitahuan dari WhatsApp jika pesan di perangkat penerima gagal dihapus. Demikian pula dengan pesan yang Anda kirimkan pada “Broadcast List” tidak akan bisa Anda hapus. Terkait pesan kutipan, maka pesan yang berada di dalam tanda kutip tidak akan dapat Anda hapus lagi. Selain itu WhatsApp hanya mengizinkan penghapusan pesan jika dilakukan kurang dari tujuh menit. Lewat dari itu, pesan Anda tidak akan lagi dapat dihapus.


Satu hal yang perlu Anda ingat, jika fitur ini belum aktif, maka tidak ada hal yang bisa Anda lakukan selain menunggu sampai pihak WhatsApp mengaktifkannya untuk Anda. (Galing)

Sumber: WABetaInfo