pulsa-logo

Ini Rahasia Sukses Xiaomi di Bisnis Smartphone


Fauzi

Senin, 30 Oktober 2017 • 08:38


Image: Xiaomi Mi A1Image: Xiaomi Mi A1

Sejak didirikan oleh Lei Jun pada 6 April 2010 lalu, tidak ada yang menyangka bahwa Xiaomi menjadi salah satu perusahaan pembesut smartphone yang kuat di pasar global. Selain menargetkan pasar Tiongkok dan Asia, Xiaomi belakangan ini memperkuat invasinya ke pasar global. Lalu apa rahasia sukses Xiaomi menjadi salah satu merek smartphone kuat di dunia hanya dalam tempo 7 tahun?

Belum lama ini CEO Xiaomi, Lei Jun, menuliskan pesan inspiratif di  halaman resmi Weibo terkait dengan fokus utama perusahaan. Lei Jun mengatakan bahwa pihak komite pemantau kualitas smartphone Xiaomi akan mengadakan pertemuan untuk melihat dan mengevaluasi kualitas smartphone besutannya.

Jun mengatakan Xiaomi sangat perlu melakukan hal ini, dikarenakan kualitas telah memainkan peran utama dalam fokus perusahaan. Jun selanjutnya mengatakan bahwa faktor kualitas merupakan fokus utama produk Xiaomi di tahun ini. Namun, selain itu Xiaomi memang tidak menutup mata ada beberapa hal yang ikut menentukan kunci suksesnya. Seperti penerapan inovasi teknologi, sistem pasokan yang lancar dan lebih baik, dan harga yang ekonomis dan terjangkau di kantong konsumen. Jadi, bukan hanya sekedar murah, namun kualitas adalah alasan di balik keberhasilan smartphone Xiaomi.

Tahun lalu Xiaomi tidak terlalu mendapatkan untung besar dari bisnis smartphone karena penjualan produknya turun di titik terendah, yakni 36%. Namun, hal ini tidak menghalangi Xiaomi untuk terus maju dan semangat. Satu tahun kemudian, Xiaomi tidak hanya menemukan dirinya di antara lima merek teratas yang paling banyak melakukan pengiriman unit smartphone. Imbasnya, perusahaan pun mengalami pertumbuhan yang substansial karena pengiriman di periode Q2 2017 mencapai 23,16 juta unit, yang di mana jumlah ini meningkat 70% dibandingkan tahun 2016.

Lei Jun mengatakan bahwa tidak peduli seberapa murah sebuah smartphone yang Anda beli, namun hal yang perlu menjadi pertimbangkan adalah faktor durabilitas (tahan lama/awet). Adalah sebuah produk yang bagus dan pasti sukses jika dapat menciptakan smartphone yang canggih, tahan lama dan harganya terjangkau. Dan itulah kunci sukses Xiaomi yang selama ini mereka terapkan.

Sumber: GizChina