pulsa-logo

Qualcomm Akan Luncurkan Snapdragon 845 Tahun Ini Juga?


Fauzi

Senin, 30 Oktober 2017 • 09:33

Qualcomm Snapdragon 845


Sebuah postingan di media jejaring sosial China, Weibo, baru-baru ini menampilkan bocoran undangan dari Qualcomm. Dari surat undangan tersebut, diketahui Qualcomm akan menggelar KTT Teknologi Snapdragon kedua di Pulau Maoyi, Hawaii, yang berlangsung tanggal 4 - 8 Desember 2017. Spekulasi pun berkembang di mana berdasarkan prediksi di acara tersebut Qualcomm akan memperkenalkan seri prosesor mobile terbaru, Snapdragon 845.

Dari beberapa bocoran infromasi sebelumnya, ada rumor yang menyebutkan bahwa prosesor ini nantinya akan dijalankan di beberapa smartphone yang akan dirilis pada kuartal pertama 2018. Dari beberapa smartphone tersebut, di antaranya Samsung Galaxy S9 dan Xiaomi Mi 7.

Lalu apa saja kelebihan Snapdragon 845? Dan peningkatan apa saja yang dihadirkan oleh prosesor ini dibandingkan seri sebelumnya?

Kabarnya, ada beberapa aspek dari Snapdragon 845 yang ditingkatkan termasuk arsitektur prosesor Kryo, arsitektur grafis Adreno, baseband LTE, unit pengolahan citra ISP (kedalaman sensor tangkapan kamera yang jauh lebih disempurnakan) dan beberapa aspek lainnya.

Berdasarkan keterangan dari beberapa narasumber  di industri menyebutkan bahwa Snapdragon 845 masih akan memanfaatkan proses produksi Samsung dengan teknologi 10nm LPE. Snapdragon 845 dibangun dengan arsitektur Cortex A75, GPU Adreno 630 dan terintegrasi dengan baseband 1.2Gbps X20.  Kabar lainnya menyebutkan bahwa prosesor ini dalam pengujian benchmark memiliki skor tunggal 2,600 – 2,700 poin, dibandingkan dengan Snapdragon 835, yang skornya jauh lebih besar sekitar 25%.

Sumber: GizChina