Atrk
ads skin gagal

Apple Dituding Gunakan Komponen FaceID Murahan, Ini Kata Analis

  • Nariswari
  • Monday, 30 October 2017 13:44
  • Published in News

IstimewaIstimewa

Beberapa hari lalu sempat beredar kabar kurang sedap terkait rencana Apple dalam menyiasati kekurangan pasokan komponen kamera TrueDepth untuk FaceID. Berdasarkan rumor tersebut Apple dikatakan bakal menggunakan suku cadang yang lebih murah atau mengurangi keakuratan kamera TrueDepth pada model iPhone (2018). 

Jelas ini membuat resah bagi pengguna iPhone X yang memiliki fitur FaceID. Sekaligus bertanya-tanya apakah memang benar Apple menurunkan kualitas keakuratan kamera TrueDepth di FaceID?

Jika memang benar, jelas hal tersebut adalah merupakan mimpi buruk bagi pengguna iPhone generasi terbaru, terutama yang menitikberatkan pada sisi keamanan perangkat. Namun kemarin (29/10)  seorang analis KGI Securities Ming-Chi Kuo menulis surat kepada klien terkait dengan line-up iPhone (2018).  Kuo mengatakan kepada klien-klien Apple bahwa semua model iPhone (2018) akan menampilkan fitur kamera TrueDepth dan Face ID. Kuo menyakinkan klien bahwa tidak ada yang perlu diragukan dari fitur pemindaian wajah di iPhone generasi mendatang.

Sebelumnya, kita sempat mendengar bahwa handset Apple yang akan dirilis tahun depan semuanya akan menampilkan panel OLED. Tujuannya adalah untuk membawa beberapa teknologi baru yang telah dipersiapkan oleh Apple, termasuk teknologi baru yang muncul di iPhone X tahun ini, ke model iPhone versi ekonomis yang dibanderol dengan harga lebih murah yang diluncurkan tahun depan. Kuo juga menyebutkan bahwa Apple juga tidak akan ragu-ragu untuk menghadirkan fitur  otentifikasi pengenalan wajah FaceID menggunakan kamera TrueDepth ke dalam jajaran iPad (2018).

Berdasarkan kabar yang dipetik dari AppleInsider, Kuo secara tegas menolak anggapan bahwa Apple akan menurunkan spesifikasi kamera TrueDepth untuk iPhone (2018) dan bahkan menurunkan kualitas kamera  dengan menggabungkan bahan lensa kaca dan plastik.
Kuo percaya bahwa Apple akan tetap berpegang pada teknologi terkini dan keakuratan fitur tersebut. Selain itu, Kuo mengatakan bahwa Apple sekarang ini telah memiliki pasokan komponen yang mencukupi yang dikirim dari berbagai pemasok untuk menutupi iPhone X dan model iPhone masa depan.

Kuo menyebutkan bahwa Apple memiliki rantai pasokan yang beragam sebelum tenggat waktu tahun 2018, smartphone mulai dirakit. Apple terus berupaya untuk mencegah kekurangan pasokan dan dampak negatif yang muncul akibat tanggal peluncuran iPhone (2018) yang mundur gara-gara kekurang stok suku cadang kamera TrueDepth untuk FaceID.

Hal ini disiasati oleh Apple dengan memperluas jumlah pemasok komponen suku cadang dari beberapa perusahaan, seperti misalnya Largan, Genius, Hoya, dan Asia Optical.

Kuo juga percaya bahwa kemampuan penginderaan 3D untuk Android baru akan mulai tersedia secara luas antara paruh kedua tahun 2018 hingga paruh pertama tahun 2019. Ini berarti Apple memiliki langkah yang lebih maju. Sebagai pioneer di teknologi ini, Apple memiliki keunggulan dalam hal  pengembangan dan penerapan  teknologi pemidaian wajah 3D. Dan bukan tidak mungkin teknologi FaceID-nya dengan terus disempurnakan, akan jauh mengungguli teknologi yang digunakan oleh smartphone berbasis Android.

Sebenarnya bukan hanya analis yang menepis rumor keji terkait Apple menggunakan suku cadang murahan dan menurunkan akurasi FaceID. Awal pekan lalu, Apple juga membantah keras berita dari Bloomberg dan Reuters  yang menyebutkan bahwa Apple terpaksa puas dengan komponen kamera TrueDepth yang akan memberikan hasil yang kurang akurat dengan Face ID. Bloomberg mengklaim bahwa hal ini dikarenakan Apple terkendala dengan masalah pasokan komponen produksi  kamera TrueDepth, yang digunakan untuk fitur pengenalan wajah. Apple tidak ada jalan lain, selain  harus menurunkan standarnya untuk memastikan produk tersebut dapat menghasilkan unit yang mencukupi untuk memenuhi permintaan Apple. Jelas, Apple membantah kabar tersebut dan menyebutkan bahwa rumor itu sangat tidak benar dan tidak beralasan.

Sumber: 1 2 3

Rate this item
(0 votes)