pulsa-logo

[Hands On & First Impression] OPPO F5, Tawarkan Teknologi Selfie Terbaru


Hairuddin

Senin, 30 Oktober 2017 • 21:15

OPPO, Selfie, F5, Hands On OPPO F5, Review OPPO F5, Selfie Expert,


Setelah meloncer tren selfie dengan kamera ganda, OPPO sepertinya bakal membuat terobosan baru selfie menggunakan teknologi A.I (Artificial intelligence). Teknologi ini digadang-gadang bakal menjadi tren baru industri smartphone masa depan. OPPO F5 jadi bukti nyata keseriusan vendor Cina ini dalam menghadirkan beragam inovasi anyar.

Ponsel yang sejatinya baru akan diluncurkan pada awal minggu kedua November 2017 ini, juga hadir dengan desain trendi lewat sokongan layar penuh dan bodi bezel-less. Beruntung, PULSA mendapatkan kesempatan untuk melakukan Hands On OPPO F5. Penasaran seperti apa First Impression ponsel anyar ini? Ayo kita lihat lebih dekat OPPO F5.

Desain & Layar Menawan

Bagian ini menjadi salah satu keunggulan OPPO F5. PULSA mengacungi dua jempol untuk teknologi layar yang ditanamkan ke ponsel ini. Ukurannya 6 inci dengan resolusi Full HD+ (1080x2160 piksel) dan memiliki aspec ratio 18:9. Lewat layar LTPS, ponsel berdesain unibody bezel-less ini jadi terlihat luas namun tetap kompak dan nyaman digenggam.

Di bagian depan, nampak area layar cukup mendominasi. Tidak ada tombol home, yang jadi penghias panel bawah ponsel-ponsel OPPO sebelumnya dan muai di seri F1, tombol ini pun menjadi panel sensor fingerprint. Nah di F5 ini, OPPO mulai merubah “kebiasaan” dengan meletakan panel sensor sidik jari di bagian belakang bodi. Tepatnya, berada di bawah sensor kamera utama.



OPPO F5 memiliki dimensi yang cukup slim, yakni sekitar 156 x 76 mm. Bobotnya pun cukup ringan.

A.I Beauty Recognition Technology

Tetap menjagokan kemampuan selfie lewat jargon “Capture The Real You”, OPPO F5 dibekali single camera depan berkekuatan 20 megapiksel, yang disokong aperture f/2.0 dan dibekali A.I Beauty Recognition Technology.

Teknologi yang berdasarkan kecerdasan buatan ini, dapat mengenali secara detail jenis dan warna kulit, jenis kelamin serta usia dari subjek foto. Nantinya hasil analisis perangkat lunak ini dihubungkan dengan database foto secara global.

Kecerdasan buatan ini juga bisa mengaplikasikan hasil yang berbeda antara pria dan wanita walaupun berada dalam satu frame. Ini merupakan jawaban Oppo atas maraknya perangkat lunak percantik wajah yang selalu menerapkan pendekatan sama pada subjek foto tanpa mempertimbangkan usia, jenis kelamin, warna kulit, dan subjek foto yang berpasangan.

“OPPO F5 akan hadir dengan A.I Beauty Recognition, seperti pada foto kecerdasan buatan ini bisa membedakan 2 subyek berbeda walau dalam satu frame, pendekatan hasil pun berbeda foto pria pada gambar masih tampak menonjolkan ciri khas seorang pria, ini lompatan besar yang dilakukan OPPO”, ujar Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia.

Di sisi belakang, OPPO F5 membawa kamera utama 16 megapiksel dengan bukaan f/1.8 dan LED flash. Posisi kamera ada di atas panel sidik jari (fingerprint), dengan tempat agak mojok.

Jeroan Kelas Menengah

Di sesi first impression, pihak OPPO Indonesia masih meng-embargo terkait spesifikasi jeroan yang dibawa OPPO F5. Pasalnya, chipset dan prosesor yang digunakan oleh OPPO F5 versi final untuk pasar Indonesia nantinya masih ada kemungkinan berubah. Tunggu pas di tanggal 13 November nanti ya.

Namun yang pasti, OPPO F5 akan berjalan di platform OS Android 7.1.1 Nougat dengan antarmuka ColorOS 3.2.

OPPO F5 juga mendukung kemampuan Dual SIM Dual Standby dengan dedicated slot (dua slot SIM, dan satu microSD). Sama seperti di OPPO F1s. Untuk koneksi dan data, OPPO F5 sudah dibekali jaringan 4G LTE, WiFi, WiFi Tethering, Bluetooth serta port micro USB dengan fungsi OTG.

Harga ramah dikantong

Jika dibandingkan F3 Series, OPPO F5 ini ditawarkan dengan banderolan harga yang lebih ‘ramah di kantong’. Sayangnya, pihak OPPO Indonesia belum bersedia untuk mengungkapkan rincian harga OPPO F5.

Jika merunut rilis produk di Filipina, OPPO F5 dibanderol dengan harga USD 308 atau setara dengan Rp 4,1 jutaan.

Gimana, masih penasaran? Lebih lengkapnya terkait jeroan serta performa kamera, tetap pantengin tabloid PULSA ya.